Benarkah Jumlah Kalori dari 3 Butir Nastar Sama Dengan Sepiring Nasi? Begini Penjelasannya

Benarkah Jumlah Kalori dari 3 Butir Nastar Sama Dengan Sepiring Nasi? Begini Penjelasannya

Benarkah Jumlah Kalori dari 3 Butir Nastar Sama Dengan Sepiring Nasi? Begini Penjelasannya-istimewa-

NOMORSATUKALTIM - Nastar adalah salah satu kue kering yang sangat populer saat Hari Raya Idulfitri.

Kue ini terkenal karena rasanya yang lezat dengan isian selai nanas, dan seringkali menjadi kudapan wajib yang disajikan di meja makan selama perayaan tersebut.

Nastar memang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi karena biasanya mengandung gula, mentega, dan telur yang dapat meningkatkan jumlah kalorinya.

BACA JUGA : Dinas Pariwisata Kaltim Imbau Pengelola Pariwisata Lebih Perhatikan Keamanan Pengunjung

Namun, pernyataan bahwa mengonsumsi nastar setara dengan sepiring nasi mungkin tergantung pada ukuran nastar dan nasi yang dibandingkan, serta komposisi nutrisi masing-masing.

Jika nastar dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa memberikan kontribusi signifikan terhadap asupan kalori harian seseorang.

Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi nastar dan makanan lainnya dengan bijak dalam rangka menjaga keseimbangan nutrisi dan pola makan yang sehat.

BACA JUGA : Rendi Solihin Open House, Jadikan Momen Idulfitri untuk Sapa Masyarakat Pesisir

Terkait hal ini, Dokter spesialis gizi, dr. Saptawati Bardosono menyatakan, bahwa kalori dalam kue nastar dapat bervariasi tergantung pada bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

Namun, secara umum, satu butir nastar memiliki sekitar 40 kalori. Itu artinya, konsumsi nastar dalam jumlah tertentu akan memberikan kontribusi kalori yang sesuai dengan jumlah butir yang dikonsumsi.

Jika satu butir nastar memiliki sekitar 40 kalori, maka memakan tiga butir nastar setara dengan 120 kalori.

Jumlah kalori tersebut memang dekat dengan sepiring nasi seberat 100 gram yang biasanya mengandung sekitar 130 kalori, meskipun perlu diingat bahwa kandungan nutrisi dan komposisi nutrisi antara nastar dan nasi dapat berbeda.

BACA JUGA : Pantai Manggar Balikpapan Terapkan Sistem Buka Tutup Jika Pengunjung Membludak

Meskipun demikian, memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi dari berbagai makanan penting untuk menjaga keseimbangan asupan kalori harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: