Dinas Pariwisata Kaltim Imbau Pengelola Pariwisata Lebih Perhatikan Keamanan Pengunjung

Dinas Pariwisata Kaltim Imbau Pengelola Pariwisata Lebih Perhatikan Keamanan Pengunjung

salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Berau, Kaltimantan Timur-istimewa-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIMDinas Pariwisata Kalimantan Timur meminta kepada para pengelola tempat wisata di Benua Etam untuk lebih memperhatikan keselamatan pengunjung saat libur Lebaran Idulfitri yang seringkali ramai pengunjung.

"Kami menekankan kepada pengelola destinasi wisata untuk memeriksa keamanan sarana dan peralatan di tempat wisata, juga meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan petugas," kata Kepala Dispar Kaltim Ririn Sari Dewi di Samarinda, Sabtu (13/4/2024).

BACA JUGA : Mengenal KH Ghalib Tokoh Ulama Pejuang Kemerdekaan dari Pringsewu

Tidak hanya itu, disarankan agar pengelola destinasi wisata memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjung dengan menyediakan fasilitas yang memadai seperti toilet, tempat makan, dan area istirahat.

"Kami mengimbau pengelola destinasi wisata di Kalimantan Timur untuk melengkapi fasilitas dan meningkatkan jumlah petugas di setiap destinasi, dengan tujuan untuk menjamin kelancaran operasional dan kenyamanan bagi para pengunjung," ucapnya.

BACA JUGA : Rendi Solihin Open House, Jadikan Momen Idulfitri untuk Sapa Masyarakat Pesisir

Dia mengungkapkan bahwa kebersihan dan ketertiban di destinasi wisata juga menjadi fokus utama.

Pengelola destinasi wisata diarahkan untuk menjaga area wisata tetap bersih, teratur, dan bebas dari sampah serta kotoran.

"Destinasi wisata yang terjaga kebersihannya dan terawat dengan baik akan memberikan kesan positif yang mendalam bagi para pengunjung," jelasnya.

Pihaknya juga mendorong para pengelola destinasi wisata untuk menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait seperti PHRI, kepolisian, Forum Pramuwisata, Dinas Kesehatan, dan pihak lainnya.

BACA JUGA : Pantai Manggar Balikpapan Terapkan Sistem Buka Tutup Jika Pengunjung Membludak

Kerja sama ini perlu dikoordinasikan dengan baik guna memastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung selama berada di destinasi wisata.

Ririn juga meminta agar pengelola destinasi wisata melakukan pendataan secara berkala terhadap pengunjung yang datang.

"Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, diharapkan momen libur Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman bagi para pengunjung destinasi wisata di Kalimantan Timur," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: