Polresta Balikpapan Siapkan 525 Personel Amankan Arus Mudik dalam Operasi Ketupat Mahakam

Polresta Balikpapan Siapkan 525 Personel Amankan Arus Mudik dalam Operasi Ketupat Mahakam

Polresta Balikpapan saat menggelar rapat lintas sektoral mengenai persiapan pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriyah. (Dok. Humas Polresta Balikpapan).--

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Polresta Balikpapan bersama instansi terkait telah mempersiapkan langkah-langkah untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2024 melalui Operasi Ketupat Mahakam.

Dalam rangka menjaga kelancaran dan keamanan selama periode mudik dan balik Lebaran, sebanyak 525 personel gabungan akan dikerahkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto melalui Kasi Humas Polresta Balikpapan, Ipda Sangidun.

BACA JUGA : Jelang Arus Mudik Dihub Balikpapan Siapkan 6 Posko Pengamanan

Menurut keterangannya, Polresta Balikpapan berencana akan melibatkan 525 personel selama Operasi Ketupat Mahakam 2024. 

“Personel ini berasal dari Polresta Balikpapan, yang merupakan gabungan dari Polda Kaltim, Kodim 0905, Lanud Dhomber, Lanal Balikpapan, Satpol PP Balikpapan, Dishub, Dinas Kesehatan, Basarnas, Avsec, Rapi, Orari, Senkom, dan Saka Bhayangkara,” ungkap Ipda Sangidun pada Jumat, (29/3/2024).

Ia menambahkan, bahwa Jumlah personel masih dalam perencanaan sehingga dapat berubah sebelum apel gelar pasukan.

BACA JUGA : Baznas Kaltim Targetkan Pengumpulan Dana Zakat 2024 Capai Rp 20 Miliar

Selain itu, Polresta Balikpapan telah menyiapkan 17 pos pengamanan untuk memantau dan membantu masyarakat selama mudik dan balik Lebaran. 

“Dari 17 pos tersebut, 12 pos pengamanan akan didirikan di beberapa titik strategis, seperti BSB, Lapangan Merdeka, dan Balikpapan Plaza,” tambahnya.

Sedangkan selain pos pengamanan, terdapat 2 posko di Polresta Balikpapan dan 3 pos terpadu di Pelabuhan Semayang, Bandara SAMS Sepinggan, dan Pelabuhan Ferry Kariangau. 

Diurai Ipda Sangidun, diantaranya peningkatan patroli dan penjagaan di titik-titik keramaian dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban.

BACA JUGA : Polres Kukar Gelar Peringatan Nuzulul Quran dan Buka Puasa Bersama

Adapun untuk memastikan kelancaran perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah di Balikpapan, Polresta Balikpapan juga telah melakukan berbagai upaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: