Pastikan Keamanan Moda Transportasi, Dishub Berau akan Lakukan Operasi Ramp Check

Pastikan Keamanan Moda Transportasi, Dishub Berau akan Lakukan Operasi Ramp Check

Dishub Berau melakukan pemeriksaan kendaraan -(istimewa)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Satu minggu menjelang Hari Raya IdulFitri, Dinas Perhubungan (Dishub) Berau akan menggelar operasi Ramp Check guna memeriksa keamanan dan kelaikan transportasi dalam rangka persiapan angkutan lebaran mendatang.

Kepala Dishub Berau, Andi Marewangeng menjelaskan, operasi ramp check juga bertujuan untuk mengidentifikasi potensi masalah dan mencegah terjadinya kecelakaan.

"Kemudian untuk memastikan kendaraan memenuhi standar keselamatan dan siap digunakan selama arus mudik lebaran tahun ini,” ujarnya.

BACA JUGA : Hasilkan Jutaan Rupiah, Polisi Ringkus Pengedar Sabu pada Patroli Rutin di Balikpapan

Ia menyebut, pihaknya akan melakukan dua kegiatan ramp check. Pertama, ramp check untuk kendaraan angkutan barang dan penumpang.

Kedua, angkutan danau dan sungai atau speedboat. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kendaraan yang Over Dimensi dan Over Loading (ODOL).

“Secepatnya kita akan lakukan sosialisasi di daerah Jalan Segah tentang angkutan barang dan penumpang yang ODOL,” ujarnya.

BACA JUGA : Ribuan Mahasiswa Jadi Korban Magang Palsu ke Jerman, Polri Sebut Sudah Dipulangkan

Ia mengatakan, kegiatan operasi ODOL berpusat seperti kendaraan dump truck yang memiliki roda mencapai 6 hingga 10 roda

“Misalnya truk A kapasitasnya hanya bisa membawa muatan 8 ton dan kendaraan itu bawa lebih 8 ton di jalanan, kita akan tindak karena bisa berpotensi merusak beban kemampuan jalan dilalui,” imbuhnya.

BACA JUGA : Masih Nekat Balap Liar? Siap-Siap Kendaraan Disita Sebulan

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Berau ini juga akan berkoordinasi dengan Bus Damri, lantaran banyaknya bus yang sering bermasalah saat beroperasi.

“Adanya trouble angkutan Damri ini akan kami follow-up secepatnya melalui koordinasi dengan teman-teman yang menangani,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: