Rp12,14 Miliar untuk Pengamanan Pilkada Kukar, Polres dan Kodim Bontang Kebagian

Rp12,14 Miliar untuk Pengamanan Pilkada Kukar, Polres dan Kodim Bontang Kebagian

Bupati Kukar, Edi Damansyah menandatangani NPHD Pengamanan Pilkada 2024, pada Senin (4/3/2024). -(Dok. Prokom Kukar)-

TENGGARONG, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mengalokasikan anggaran Rp12,14 miliar untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) yang bakal digelar pada November 2024 mendatang. 

Anggaran Rp12,14 miliar yang disalurkan melalui pos hibah itu, bakal dikucurkan untuk TNI dan Polri untuk mendukung pengamanan Pilkada Kukar.  

BACA JUGA: Salah Input Perolehan Suara, Demokrat Paser Bakal Laporkan KPU ke DKPP

Rinciannya, untuk Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara sebesar Rp8,15 miliar, kemudian Polres Bontang sebesar Rp1,12 miliar.

Berikutnya, Komando Distrik Militer (Kodim) 0906/ Kukar sebesar Rp2,07 miliar, dan Kodim 0908/Bontang sebesar Rp624,3 juta.

BACA JUGA: Tunggu Keputusan MK, KPU Samarinda Belum Bisa Umumkan Nama Calon Dewan Terpilih

Polres Bontang dan Kodim Bontang mendapat anggaran hibah untuk pengamanan pilkada karena ada dua kecamatan yang lebih dekat ke Bontang, yakni Kecamatan Muara Badak dan Marangkayu. 

Sehingga pengamanan dua kawasan ini lebih efektif jika mendapat Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polres Bontang dan Kodim 0908.

BACA JUGA: Janji MenPAN-RB, ASN yang Mengabdi di Daerah 3T Dapat Insentif Khusus

Bupati Kukar, Edi Damansyah memastikan, anggaran pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kukar itu kini sudah tersedia di Bendahara Umum Daerah.

"Tapi terkait kepastian kapan anggaran tersebut bisa dikeluarkan, maka harus dipastikan dulu dengan bendahara," kata Edi Damansyah, Selasa (5/3/2024).

BACA JUGA: Mendagri Melarang Pemda Naikkan Pajak, Minta PBBKB Dievaluasi

Dilansir dari Antara, penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kukar 2024 telah dilakukan di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, pada Senin (4/3/2024). 

NPHD pengamanan Pilkada Kukar diteken oleh Bupati Kukar bersama Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman, Kapolres Bontang AKBP Alex Frestian Lumban Tobing, Dandim 0906/Kukar Letkol Czi Damai Adi Setiawan, dan Dandim 0908/Bontang Letkol Inf Aryo Bagus Daryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: