BFRC ke-8 dan BK3N 2024 PT Berau Coal Sukses Digelar, Tingkatkan Awareness Keselamatan Karyawan

BFRC ke-8 dan BK3N 2024 PT Berau Coal Sukses Digelar, Tingkatkan Awareness Keselamatan Karyawan

Upacara Penutupan BK3N dan BFRC 2024 di halaman Head Office PT Berau Coal.-istimewa-


Upacara Penutupan BK3N dan BFRC 2024 di halaman Head Office PT Berau Coal.-istimewa-

 

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Sub Koordinator Keselamatan Pertambangan Mineral Direktorat Teknik dan Lingkungan Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dwinanto Herlambang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Lamlay Sari, Sekretaris Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Berau, Marsudi dan Kepala Teknik Tambang PT Berau Coal, Feri Indrayana.

Kegiatan ini ditutup langsung oleh Perwakilan Direktorat Teknik dan Lingkungan Minerba Kementerian ESDM, Dwinanto Herlambang sebagai Inspektur upacara. Pada kesempatan itu, dirinya mengapresiasi kegiatan BK3N 2024 PT Berau Coal karena satu-satunya perusahaan yang melaksanakan BFRC dalam rangkaian kegiatan BK3N. 

“Yang menarik adalah bukan hanya kampanye, tapi juga include BFRC. Hal itu yang berbeda dari perusahaan lain," ucapnya.

Dikatakannya, Fire Rescue termasuk dalam keselamatan pertambangan. Dirinya berharap, kedepan keselamatan pertambangan benar-benar bisa selalu tercipta dan terjaga di PT Berau Coal.

Ia juga menjelaskan, filosofi dasar keselamatan pertambangan merupakan menjamin keutuhan dan kesempurnaan pekerja dalam menjalankan pekerjaannya melalui perlindungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) & Keselamatan Operasioan (KO), dengan melakukan upaya-upaya pengendalian semua bentuk potensi bahaya dan risiko yang ada di lingkungan kerja.

Apabila semua potensi bahaya dan resiko ditempat kerja telah dikendalikan sampai batas standar aman, maka terciptalah kondisi lingkungan kerja yang aman dan sehat.

"Sehingga, proses operasional dapat berjalan lancar, yang pada akhirnya akan terjadi peningkatan produktifitas," jelasnya.

Lanjut Dwinanto, upaya keselamatan pertambangan harus terus menerus ditingkatkan melalui berbagai pendekatan secara teknis dan sistematis dengan memperhatikan pertimbangan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta standar K3 lainnya.

"Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang disingkat Bulan K3 Nasional dicanangkan setiap tanggal 12 Januari 12 Februari setiap tahunnya," imbuhnya.

Perayaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tahun 2024 lewat Kementrian Ketenagakerjaan mengeluarkan edaran dengan berpedoman surat keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 244 Tahun 2023 Pertanggal 4 Desember 2023 dan Surat Edaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara/ Kepala Inspektur Tambang Nomor 19.E/MB.07/DBT.KP/2023 Pertanggal 24 Desember 2023 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Pertambangan Tahun 2024.

"Petunjuk pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 telah ditetapkan dengan tema Nasional BUDAYAKAN K3, SEHAT DAN SELAMAT DALAM BEKERJA, TERJAGA KEBERLANGSUNGAN USAHA," ungkapnya.

Adapun tujuan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 tentang petunjuk pelaksanaan bulan K3 Nasional tahun 2024 adalah meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, menjamin terlaksananya perlindungan K3 pada setiap kegiatan di semua sektor usaha, meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era digital ekonomi.

"Kemudian, mewujudkan sumber daya manusia K3 yang unggul dan berdaya saing, dan meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan kemandirian pelaksanaan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: