Pemkab Berau Terus Mengupayakan Percepatan Digitalisasi Ekonomi

Pemkab Berau Terus Mengupayakan Percepatan Digitalisasi Ekonomi

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas.-Disway Kaltim-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Sebagai upaya melakukan percepatan dan perluasan digitalisasi, Pemkab Berau melalui Bapenda menggelar Hight Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung kemajuan ekonomi keuangan digital daerah di Bumi Batiwakkal. Bupati Berau Sri Juniarsih menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah penguatan sinergitas sektor terkait dalam upaya percepatan digitalisasi di Kabupaten Berau.

"Kegiatan ini merupakan komitmen pemkab Berau  dalam upaya percepatan dan perluasan digitalisasi," jelasnya.

Dikatakannya, dengan tuntutan kemajuan zaman sekaligus upaya untuk mewujudkan akuntabilitas tata kelola keuangan pemerintah, transaksi melalui digitalisasi menjadi suatu hal yang harus dilaksanakan.

Selain itu, Pemkab Berau juga telah mengimplementasikan pembayaran pajak dan retribusi secara non tunai berbasis digital.

"Saya sangat yakin, efektivitas dari sistem pembayaran non tunai akan meningkatkan pendapatan daerah untuk kesejahteraan," kata Bupati Sri Juniarsih.

Bupati mengungkapkan, Bapenda sebagai instansi pemungut pajak daerah juga telah melakukan berbagai inovasi, seperti inovasi Simhore dan Simreda.

“Itu aplikasi pembayaran pajak dan menajemen retribusi daerah yang langsung terkoneksi dengan Bankaltimtara," ungkapnya.

Dirinya berharap di Tahun 2024 ini, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Berau 100 persen menerapkan ETPD.

"Agar pendapatan pajak akan lebih maksimal, pelayanan masyarakat lebih memuaskan dan kesejahteraan dapat bersama kita wujudkan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: