Youtuber Asal Polandia Ingatkan Dampak Negatif Produk Apple Vision Pro yang Lagi Naik Daun

Youtuber Asal Polandia Ingatkan Dampak Negatif Produk Apple Vision Pro yang Lagi Naik Daun

youtuber dan influencer asal Polandia Agon Hare ingatkan bahaya kecanduan Apple Vision Pro.-tangkapan layar/facebook@projectnightfall-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Seorang yotuber dan influencer asal Polandia Agon Hare mengingatkan dampak buruk produk Apple Vision Pro yang dianggap akan menggerus rasa kemanusiaan kita. 

Melalui video yang diupload di akun facebooknya project nightfall, ia katakan produk ini bisa menjadi awal kematian bagi gadget atau smartphone, dan bahkan menjadi akhir dari rasa kemanusiaan. 

“Gadget ini akan mendesain ulang rasa kemanusiaan kita.”

Ia menambahkan pula sejak kehadiran gadget saja, kita menjadi terisolasi satu sama lain. Dengan hadirnya apple vision pro maka yang terjadi adalah kehidupan nyata kita akan menjadi satu dengan dunia digital atau virtual.

“Ini adalah kecanduan teknologi paling tertinggi sejak alat ini ditemukan.”

Ia melanjutkan, “Kita harus berhati-hati ketika produk ini mulai ditemukan, akan lebih banyak bahaya yang bisa terjadi.”

Agon pun sempat menerangkan spesifikasi apple vision pro yang merupakan perpaduan dari tiga produk Apple. Yakni iPhone, Apple watch dan air pod. Ketika produk berbentuk kaca mata ini digunakan, hampir semua aktivitas bisa disentuh dalam satu bentuk layar virtual. Meski terlihat sangat futuristic, dan ia mengakui kalau ini merupakan teknologi yang bagus, Agon juga menyampaikan hal buruk lainnya. 

Ketika kembali ke rumah, kita bisa melihat semua aplikasi ini terpampang secara virtual di dalam rumah. Dengan mengatur skala besar kecil, kita bisa menggunakan jari untuk menuntun youtube dan platform lainnya. 

“Hampir seperti kamu memiliki smartphone tapi kini di tanam di dalam kepalamu. Kamu dan gadgetmu akan menjadi satu.” 

“Tapi sekali lagi, yang terlihat bagus juga terlihat sama berbahayanya. Hari ini saja kita lebih banyak men-scroll gawai dan terisolasi dengan orang lain, dengan produk ini (apple vision pro,red) kita akan menjadi lebih terisolasi dan tidak pernah lagi memperhatikan orang di sekitar,” katanya. 

Bahkan, masyarakat yang mayoritas kesehariannya berhadapan dengan dunia virtual tersebut, berpotensi meningkatkan penyakit mental seperti depresi dan anxiety, atau merasa terasing dengan dunia di sekitarnya.  

Agon pun menyebut produk ini merupakan teknologi yang aneh. Meski begitu ia mengaku tidak anti dengan teknologi atau penemuan apa pun. Ia cuma tegaskan, seberapa keren pun teknologi yang dibuat, kita tetap harus menaruh sisi kemanusiaan di urutan pertama. 

“Dalam 15 tahun ke depan mungkin, ketika anak-anak kita akan menggunakanya, mereka akan menjadi generasi yang lebih depresi.” 

“Teknologi ini akan menjadi kematian bagi hubungan interkasi kita dengan sesama manusia, karena apple vision pro membantumu menciptakan tayangan sendiri dimana pun kamu berada.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: