Prabowo: Akan Saya Bangun SMA Taruna Nusantara di Kalimantan

Prabowo: Akan Saya Bangun SMA Taruna Nusantara di Kalimantan

Subianto saat kunjungan ke Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (20/1/2024).-(Disway/ Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyatakan akan membangun SMA Taruna Nusantara di Kalimantan.

Menurut Prabowo, rencana ini berawal dari keluhan warga terhadap keterbatasan fasilitas pendidikan di Pulau Kalimantan hingga berdampak pada sulitnya akses mendaftar pendidikan perwira TNI dan Polri.

Janji Prabowo ini disampaikan saat kunjungan ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (20/1/2024).

BACA JUGA: Akhirnya, Prabowo dan Anies Baswedan Bersalaman di Paku Integritas KPK

“Saya sebagai Menhan ada beberapa sekolah itu, sekolah sesuai permintaan, ada lembaga pendidikan namanya lembaga pendidikan taruna, SMA Taruna Nusantara di Magelang, saya mendirikan SMA Taruna Nusantara di Jawa Timur, dan akan bangun satu SMA Taruna Nusantara di Pulau Kalimantan,” kata Prabowo melalui keterangan tertulis, dikutip Minggu (21/1/2024).

Usulan ini, kata Prabowo, terlebih dahulu akan dikonsultasikan dengan Presiden RI Joko Widodo. Termasuk soal lokasi terbaik sekolah tersebut akan dibangun.

“Saya akan minta petunjuk Bapak Presiden tempatnya di mana dan nanti akan saya serahkan Bapak Presiden segera kita bangun. Saya perkirakan akan selesai Oktober 2024,” sebutnya.

BACA JUGA: Anies Soroti Lemahnya Pertahanan Siber RI, Kemenhan Justru Jadi Korban Hacker

Sementara pembangunan SMA Taruna Nusantara di Kalimantan masih dalam proses, Prabowo memberikan kesempatan bagi anak-anak Dayak untuk menjalani pendidikan di SMA Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah.

“Sebelum itu, kalau ada anak-anak Dayak yang ingin sekolah di SMA Taruna Nusantara, saya siap menjemput mereka,” janji Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 2 tersebut.

Prabowo yang kini berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka menggelar safari politik ke Pontianak, Kalimantan Barat, pada Sabtu (20/1/2024). 

BACA JUGA: Ganjar Sebut Semua Indikator Pertahanan RI Turun, ini Jawaban Prabowo

Kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut disambut dengan tarian penyambutan Baras Banyu. 

Pimpinan Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) Panglima Jilah memberikan sambutan dengan memasangkan topi adat Dayak dan rompi bermotif khas Dayak untuk Prabowo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: