Datang Lagi ke IKN, Berikut Proyek-Proyek yang Diresmikan Presiden Jokowi

Datang Lagi ke IKN, Berikut Proyek-Proyek yang Diresmikan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi saat meresmikan sejumlah proyek di IKN, Rabu 17 Januari 2024.-Adpim Kaltim-

NOMORSATUKALTIM – Presiden Joko Widodo kembali melakukan groundbreaking sejumlah proyek di kawasan ibu kota nusantara (IKN) Rabu 17 Januari 2024.

Beberapa di antaranya adalah peluncuran Nusantara Green Logistics Hub PT Pos Indonesia, groundbreaking Masjid Negara di Kawasan Ibu Kota Nusantara, peresmian pembangunan kantor otorita IKN (OIKN) di titik nol, hingga peresmian studio RRI IKN.

Terkait pembangunan gedung kantor OIKN, ia katakana nantinya akan menjadi pusat pelayanan dan bekerja pegawai OIKN, yang juga dilengkapi pusat layanan terpadu satu pintu. Selain itu karyawan dapat bekerja lebih nyaman dan produktif mendukung pengembangan IKN demi mewujudkan ibu kota negara yang dicita-citakan

"Saya harap gedung kantor ini segera diselesaikan dan seluruh kegiatan Otoritas IKN semakin terorganisasi, terpusat dan optimal," katanya

Selain gedung, Jokowi juga meresmikan Nusantara Logistic Hub. Nusantara Logistic Hub merupakan kerja sama PT Pos Indonesia dan PT Bina Karya (BUMN) berupa kerja sama operasi (KSO) , khusus pelayanan kurir dan logistik nusantara. Jokowi mengatakan kehadiran perusahaan jasa logistik ini akan mendukung keberadaan IKN sebagai superhub.

Kehadiran Nusantara Logistic Hub lanjutnya akan sangat membantu pembangunan IKN. Terlebih aktivitas pembangunan akan semakin masif dalam beberapa waktu ke depan. Apalagi kata Presiden, sejumlah perkantoran dan usaha akan segera beroperasi di IKN.

"Saya berharap Nusantara Logistic Hub and Services akan berkontribusi signifikan, memicu penguatan rantai pasok domestik, tidak hanya di IKN, tapi seluruh kawasan Indonesia,” pintanya.

Nusantara Logistic Hub juga diharapkan dapat membuat biaya logistik semakin terjangkau, mempercepat dan mengefisienkan pergerakan logistik di seluruh kawasan Indonesia.

Sementara itu Dirut PT Pos Indonesia  Faizal Rochmad Djoemadi menjelaskan Nusantara Logistic Hub hadir untuk mendukung pembangunan dan penyediaan layanan logistik jangka panjang. Fasilitas Nusantara Logistic Hub di antaranya meliputi: cargo drones, EV autonomous work vehicle,  green packaging dan supply chain monitoring system.

Adapun peta jalan yang telah ditetapkan kedua belah pihak (Pos Ind dan Bina Karya) mencakup rencana kerja jangka pendek (2024-2029). Terdiri dari pemindahan barang ASN, TNI/Polri, dan pegawai BUMN, pemindahan dokumen arsip dan arsip negara, penanganan proyek dan kontrak logistik.

Sementara rencana kerja jangka panjang (2030-2045) meliputi: pengembangan Nusantara Green Logistics Hub yang mencakup pembangunan container depo, climate control station, pusat logistik berikat dan lain-lain.

"Kami dengan bangga menyampaikan layanan logistik pertama yang kami kerjakan ke Ibu Kota Nusantara adalah membawa bilah selubung Garuda dari Bandung yang akan menjadi ikon Nusantara," kata Faizal.

Nilai investasi yang disiapkan untuk Nusantara Logistic Hub ini mencapai Rp350 miliar. Anggaran ini akan fokus membangun infrastruktur green logistic hub dengan teknologi terbaru. Salah satunya delivery robbot and drone dan layanan electric vihicle.

Gedung Baru OIKN
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono melaporkan gedung Kantor OIKN dibangun diatas lahan 28 ribu meter persegi dan tuntas pada Desember 2024. Adapun nilai kosntruksinya mencapai Rp 509 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: