Dampak Masalah SGIE, KPU Evaluasi Peran Moderator Debat Capres-cawapres

Dampak Masalah SGIE, KPU Evaluasi Peran Moderator Debat Capres-cawapres

Komisioner KPU RI, August Mellaz usai melakukan rapat evaluasi debat kedua capres-cawapres.-(Disway.id/Intan Afrida Rafni)-

Meskipun begitu, kata August Mellaz, pihaknya tetap memberikan apresiasi kepada moderator di debat sebelumnya, terutama pada debat perdana cawapres kemarin.

"Pola pembagian peran dari moderator untuk yang pelaksanaan debat kedua kemarin, kami nilai dianggap cukup optimal," ucap August Mellaz.

"Ada yang membacakan pertanyaan ada yang kemudian melakukan observasi terhadap forum," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka membuat Cak Imin mendadak kebingungan.

Pasalnya, saat Gibran menanyakan soal 'SGIE', Cak Imin langsung terang-terangan mengatakan tidak tahu apa yang dimaksud dengan singkatan tersebut.

Pada akhirnya Cak Imin tidak menjawab pertanyaan Gibran karena mengaku tidak tahu dengan singkatan 'SGIE' itu.

Padahal yang dimaksud Gibran singkatan 'SGIE' adalah State of the Global Islamic Economy yang merupakan laporan tahunan terkait ekonomi halal dunia yang sudah tersusun dan terpublikasi dengan baik oleh Dinar Standard. 

Menanggapi hal tersebut, Jubir Timnas AMIN, Angga Putra Firdian menyebut proses debat bukanlah sebuah ajang cerdas cermat.

Angga beranggapan bahwa sudah seharusnya Gibran memberikan penjelasan secara detail terlebih dahulu apa itu yang dimaksud SGIE, baru bisa melontarkan pertanyaannya.

"Kita kan tidak sedang cerdas cermat, yang ditinjau pola pikirnya jadi kalau mengeluarkan singkatan-singkatan, baiknya dijelaskan dulu singkatan itu," ujar Angga.

"Kalau ada orang yang tidak di pendidikan pasti kan nggak tahu apa itu singkatan PPDB. Tapi kan harus dijelaskan dulu PPDB penerimaan siswa baru," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id