Lakukan Penanaman Pohon, Bupati Berau Sentil Penambangan Liar

Lakukan Penanaman Pohon, Bupati Berau Sentil Penambangan Liar

Bupati Berau Sri Juniarsih menghadiri peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia di SMAN 4 Berau, Selasa (12/12/2023).-Disway Kaltim-

 

Tanjung Redeb, NOMORSATUKALTIM - Bupati Berau Sri Juniarsih Mas menyatakan penambangan liar semakin banyak terjadi. Termasuk di Kalimantan yang selama ini menjadi paru-paru dunia.

 

 

Akibatnya, ujarnya, lingkungan mengalami ancaman kerusakan, yang berdampak pada keseimbangan alam, serta ekosistem hayati di dalamnya.

 

 

"Akhir-akhir ini kita dihadapkan kepada kondisi udara yang tercemar, cuaca yang kian panas menyengat, hingga hutan yang gersang," kata Bupati Sri Juniarsih pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Selasa (12/12/2023).

 

 

Bupati juga mengatakan, terjadinya polusi udara akibat kebakaran lahan. Dan, minimnya dibarengi dengan menanam kembali pohon di lahan-lahan yang dibuka.

 

 

Untuk itu, kata dia, dibutuhkan komitmen semuanya, kepedulian bersama dalam mencegah laju kerusakan hutan, melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengedukasi seperti penanaman pohon, pembagian bibit tanaman produktif, yang melibatkan masyarakat.

 

 

"Makanya acara ini diadakan di SMAN 4 Sambaliung, supaya adik-adik sekalian juga memahami bahwa kita saat ini harus menjaga hutan kita. Jangan sampai ditebang, jangan sampai dibakar. Karena sekarang, nilai hutan itu dibayar," tuturnya.

 

 

Bupati juga mengatakan bahwa program dari UPTD Kehutanan, merupakan program yang perlu diapresiasi. Karena selain memberikan dampak yang positif untuk ekonomi, juga memberikan dampak yang luas untuk dunia.

 

 

"Jadi, untuk masyarakat, anak-anakku sekalian, bentuklah komunitas pecinta alam, pelajar cinta lingkungan, yang tentu saja melahirkan sekolah-sekolah Adiwiyata yang berprestasi," ujarnya.

 

 

Diharapkan penanaman pohon berkelanjutan, dan jadi kebiasaan yang baik, dalam rangka untuk menjaga keberlanjutan ekosistem, mengurangi emisi karbondioksida, serta memperkuat upaya restorasi hutan untuk masa depan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: