Libur Akhir Tahun Danau Labuan Cermin Kembali Dibuka

Libur Akhir Tahun Danau Labuan Cermin Kembali Dibuka

Libur Akhir Tahun Danau Labuan Cermin Kembali Dibuka-(ist)-

Tanjung Redeb, NOMORSATUKALTIM - Pembangunan dan perbaikan fasilitas di objek wisata Labuan Cermin, menelan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar, melalui Dana Bagi Hasil dan Dana Reboisasi (DBH-DR) 2023.

 

Progres sudah mencapai 80 persen. Staf Pengawas Kepariwisataan Disbudpar Berau, Andi Nursyamsi menyebut, proyek tersebut akan berakhir pada 29 Desember 2023.

 

"Masa pengerjaan proyek itu sudah sekitar satu bulan lebih, dan masih terpantau sesuai dengan target yang ditetapkan," ujar Andi Nursyamsi, Minggu (10/12/2023).

 

Ia menyebut, selain membuat akses, juga dilakukan perbaikan beberapa sarana lainnya, seperti perbaikan dermaga sandar kapal, toilet ramah lingkungan yang menggunakan biofil.

 

 

Kemudian, juga membangun landmark bertuliskan Danau Labuan Cermin berbahan dasar acrylic, pembuatan plaza pelataran sebagai tempat istirahat pengunjung, serta pembuatan menara pandang untuk pengamanan saat wisatawan berenang di danau tersebut.

 

"Kami perbaiki seluruh sarpras yang sudah mulai jabuk. Yang sudah usang kami bongkar. Tanpa merusak pohon dan kondisi keaslian alam di Labuan Cermin," ujarnya.

 

Sebelum kembali dibuka untuk umum pada akhir Desember ini, pihaknya akan berkonsultasi ke BKSDA, untuk merumuskan standar operasional prosedur (SOP) di Labuan Cermin.

 

Karena seperti diketahui, beberapa kali sempat terekam kamera pengunjung keberadaan buaya di Labuan Cermin.

 

"Buaya itu kalau memang masih ada di kawasan Labuan Cermin, akan kami relokasi. Kami akan ciptakan kondisi destinasi yang aman bagi pengunjung," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: