Ada Tiket Mudik Nataru Gratis dari Pelni, Rute Balikpapan Juga Kebagian Kuota

Ada Tiket Mudik Nataru Gratis dari Pelni, Rute Balikpapan Juga Kebagian Kuota

Ada Tiket Mudik Nataru Gratis dari Pelni, Rute Balikpapan Juga Kebagian Kuota-(ist)-

Balikpapan, NOMORSATUKALTIM - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni akan menyelenggarakan program mudik Lebaran Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 secara cuma-cuma. Menurut Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni, Nuraini Dessy, program mudik gratis tersebut merupakan kerja sama antara Pelni dengan Kementerian Perhubungan. Ia menjelaskan, bahwa kuota untuk mudik gratis pada setiap rute perjalanan dibatasi hanya untuk 500 orang saja.

 

"Memang ini ada direncanakan Kemenhub akan membiayai terkait mudik gratis ini di ruas tadi ada 500 orang," ujar Dessy.

 

Dessy menerangkan bahwa tidak semua orang bisa mengakses fasilitas mudik gratis tersebut karena memang dibatasi. Hanya warga masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi yang berhak mendapatkan tiket mudik secara cuma-cuma menggunakan kapal Pelni selama liburan Natal dan Tahun Baru.

 

Untuk mendapatkan tiket mudik gratis selama liburan Natal dan Tahun Baru, masyarakat dapat mengajukan permohonan di loket Pelni dengan melampirkan sejumlah persyaratan, salah satunya Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari instansi pemerintah setempat. Rencananya, tiket mudik gratis tersebut mulai bisa diakses oleh masyarakat pada tanggal 18 Desember 2023.

 

"Jadi untuk menyaringnya jangan sampai yang naik gratis ini orang mampu. Jadi persyaratan khususnya dari Kemenhub syarat tidak mampu dari instansi atau desa setempat," katanya.

 

 

Dessy membeberkan, sejumlah rute yang ada tiket gratisnya, antara lain Batam-Belawan, Belawan-Batam, Baubau-Makassar, Makassar-Baubau, Makassar-Sorong, Batam-Tanjung Priok, Surabaya-Makassar, Surabaya-Biak, Balikpapan-Pare-pare, Sorong-Ambon, Bali-Sorong, Parepare-Tarakan dan Pare-pare Balikpapan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: