Lawan Hoaks Pemilu 2024, Unmul-Mafindo Gelar Sekolah Kebangsaan Lagi

Lawan Hoaks Pemilu 2024, Unmul-Mafindo Gelar Sekolah Kebangsaan Lagi

Fasilitator Tular Nalar bersama peserta Sekolah Kebangsaan di Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Mulawarman, Rabu (23/11/2023).-istimewa-(Dok. Tim Sekolah Kebangsaan Tular Nalar Samarinda)

Samarinda, NOMORSATUKALTIM- Untuk mencegah penyebaran hoaks saat Pemilu 2024 mendatang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman (Unmul) bersama Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), menggelar Sekolah Kebangsaan Tular Nalar lagi pada 23 November 2023.

Jika sebelumnya mengedukasi peserta dari Youth GBI Kelir, kali ini Sekolah Kebangsaan mengajak para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Unmul

Baca Juga: 

Edukasi Pemilih Pemula, FISIP Unmul dan GBI Kelir Samarinda Gelar Sekolah Kebangsaan

Koordinator kegiatan Tular Nalar 3.0 Kota Samarinda, Nurliah yang merupakan salah satu dosen di Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Mulawarman mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari Tular Nalar 2.0 dengan tema yang sesuai dengan kondisi terkini.  

“Tema kali ini tentang melawan hoaks ini tahun politik,” ujar perempuan yang merupakan komisioner KPID Kalimantan Timur 2015-2018.

Nurliah menjelaskan, Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0 digelar dengan tujuan untuk memberikan edukasi literasi digital kepada pemilih pemula untuk mencegah dan memberantas hoaks di masa Pemilu 2024. 

Adapun kegiatan yang diikuti oleh para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Mulawarman tersebut di Sekolah Kebangsaan Tular Nalar, antara lain penyampaian materi tentang pemilu, demokrasi, penginderaan hoaks, serta sanksi pembuat dan penyebar hoaks. 

Tidak hanya itu, untuk meningkatkan daya pikir kritis, para peserta juga melakukan diskusi dan simulasi pengenalan hoaks. 

Dengan mengikuti berbagai kegiatan tersebut, para peserta diharapkan mampu mengidentifikasi dan menyikapi berita hoaks politik yang diyakini akan marak beredar di periode pemilu ini. 

Kegiatan Sekolah Kebangsaan Tular Nalar 3.0 ini menghadirkan fasilitator yang terdiri dari para dosen Ilmu Komunikasi dan mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan Training of Training oleh Mafindo Pusat. 

“Pemilih pemula banyak dari generasi Z. Kalau generasi Z terpapar dan percaya hoaks, pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berpotensi berantakan. Ini yang perlu sekali untuk kita cegah,” jelas Rina Juwita yang merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP Unmul dan sekaligus PIC kegiatan tersebut. 

Sekolah Kebangsaan ini dilaksanakan di Gedung D3, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda. 

Kegiatan ini dihadiri oleh 50 mahasiswa peserta yang berstatus sebagai pemillih pemula dan berasal dari berbagai kota di Kalimantan Timur, dan luar provinsi.  (*/rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: