Potensi Rp 2,5 Triliun Belanja Produk dalam Negeri

Potensi Rp 2,5 Triliun Belanja Produk dalam Negeri

Sekda Berau, Muhammad Said menghadiri sosialisasi katalog lokal di Ruang Rapat Sangalaki, Rabu (22/11/2023).-Disway Kaltim-

Tanjung Redeb, NOMORSATUKALTIM - Unit Kerja Pengadaan Barang atau Jasa (UKPBJ) Berau menggelar sosialisasi katalog lokal dan rencana umum pengadaan (RUP) 2023. Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Berau, Muhammad Said di Ruang Rapat Sangalaki, Rabu (22/11/2023).

Muhammad Said mengatakan, Berau memiliki potensi kurang lebih Rp 2,5 triliun untuk barang dan jasa, yang akan dialokasikan dan diarahkan untuk membeli produk-produk dalam negeri.

"Adapun tahapan khusus etalase produk yang sudah disediakan oleh LKPP dan Pemkab Berau, menindaklanjuti pencantuman barang dan jasa katalog elektronik lokal adalah melalui tiga langkah, meliputi inisiasi pencantuman barang dan jasa, pendaftaran penyedia katalog elektronik, dan penayangan," kata Said.

Menurutnya, langkah penting dalam adalah penayangan RUP. Yang melibatkan identifikasi kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan perangkat daerah, perencanaan, penetapan rencana untuk penganggaran, hingga penyusunan kerangka acuan kerja (KΑΚ).

"Khusus untuk rencana umum pengadaan akan diumumkan paling lambat pada awal Januari. Langkah tersebut dilakukan, untuk memastikan pengadaan barang dan jasa bisa dilaksanakan sesegera mungkin, sekaligus mencegah keterlambatan pada penyelesaian pekerjaan," tuturnya.

Kemudian, data-data yang telah dikumpulkan untuk RUP, nantinya akan diteruskan ke Sistem Rencana Umum Pengadaan (Sirup) barang dan jasa yang dikembangkan LKPP. Kemudian, data-data tersebut akan ditayangkan lewat portal pengadaan nasional.

"Sirup sendiri merupakan aplikasi web-based yang berfungsi untuk mengumumkan RUP. Dengan begitu, pihak PA atau KPA akan lebih mudah membagikan informasi kepada publik," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: