Jelang MTQ Ke-44, Bupati Kukar Imbau Lurah dan Kades Bina Qari dan Qariah

Jelang MTQ Ke-44, Bupati Kukar Imbau Lurah dan Kades Bina Qari dan Qariah

Suasana pembukaan MTQ tingkat Kabupaten ke-43 di Kecamatan Loa Kulu.-dok.-diskominfo kukar

Kukar, NOMORSATUKALTIM- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, mengimbau para lurah dan kepala desa (kades) di Kukar untuk terus membina qari dan qariah di wilayah mereka. 

Hal ini terkait dengan rencana penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten yang ke-44 yang akan diadakan di Kecamatan Kota Bangun Darat, November nanti.

“Kami menginginkan Kukar memiliki qari dan qariah yang cakap dan berprestasi di MTQ, baik di tingkat kabupaten maupun nasional. Karena itu, kami imbau para lurah dan kades untuk terus membina qari dan qariah di wilayah mereka,” kata Edi, Minggu (29/10/2023).

Para lurah dan kades bisa bekerja sama dengan pengurus masjid untuk memfasilitasi pembinaan qari dan qariah. Pun ajak masyarakat untuk mendukung program-program keagamaan yang dilakukan Pemkab Kukar.

“Kami harus memberikan motivasi kepada qari dan qariah agar mereka rajin mengaji dan menghafal Alquran. Kami juga harus mengapresiasi prestasi-prestasi yang mereka raih di MTQ,” tutur Edi.

Pemkab Kukar melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) terus melakukan pembinaan qari dan qariah melalui program gerakan masyarakat mengaji (Gema).

Program ini sudah menjadi kebijakan Pemkab Kukar dan terus berjalan hingga saat ini.

“Program Gema ini merupakan salah satu bentuk pembinaan Tilawatil Quran yang kami lakukan. Kami juga memberikan pelatihan-pelatihan khusus kepada qari dan qariah agar mereka lebih siap mengikuti MTQ. Ini adalah hasil kerjasama antara Pemkab Kukar, lurah, kades, dan masyarakat,” ujarnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: