Indonesia Dapat Tambahan 20.000 Kuota Haji Tahun 2024

Indonesia Dapat Tambahan 20.000 Kuota Haji Tahun 2024

Presiden Jokowi bertemu Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud (kanan) di Istana Al-Yamamah, Riyadh, pada Jumat (20/10/2023). -(Antara)-

NOMORSATUKALTIM - Pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Arab Saudi Mohammed bin Salman al-Saud, menghasilkan tambahan 20.000 kuota haji untuk tahun 2024.

Dalam pertemuan yang berlangsung di sela-sela KTT ASEAN-GCC di Riyadh pada Jumat (20/10/2023), Jokowi memaparkan antrean panjang jamaah haji Indonesia kepada PM Arab Saudi tersebut.

Jamaah haji Indonesia harus menunggu hingga 47 tahun untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

“Sehingga Indonesia membutuhkan tambahan kuota haji,” kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers mengenai kunjungannya di Riyadh, yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden RI.

Usai mendengar curhat Jokowi, tak lebih dari 12 jam Pemerintah Kerajaan Arab Saudi langsung diberi tambahan sedikitnya 20.000 kuota haji untuk tahun 2024.

“Dan alhamdulillah ditanggapi sangat positif,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi bersyukur bahwa kegiatan kunjungan kerja ke Kerajaan Arab Saudi sudah selesai dan berjalan dengan lancar serta memberikan hasil yang produktif.

Kegiatan tersebut yaitu pertemuan bilateral dengan PM Mohammed bin Salman Al-Saud hingga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-GCC (Gulf Cooperation Council).

“Alhamdulillah seluruh kegiatan sudah selesai. Pertemuan Bilateral dengan His Royal Highness Prince Mohammed Bin Salman dan KTT ASEAN-GCC berjalan lancar, berjalan dengan produktif,” ucap Presiden.

Sedianya, Indonesia pada 2024 mendapat kuota 221.000 orang untuk berhaji dengan kuota petugas haji sebanyak 2.200 orang. Dengan tambahan kuota tersebut, pemerintah bisa memberangkatkan 241.000 jamaah haji tahun depan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: