Distanak Kukar Genjot Peningkatan Populasi Ternak, Siapkan Bibit dari Luar Daerah

Distanak Kukar Genjot Peningkatan Populasi Ternak, Siapkan Bibit dari Luar Daerah

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kukar, Aji Gozali Rahman.-(istimewa)-


--

Kukar, nomorsatukaltim- Tahun 2023 menjadi tahun kunci dalam pengembangan sektor peternakan di Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai upaya mencapai swasembada peternakan. 

Karena itu, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar, telah menjadikan program swasembada peternakan sebagai prioritas utama.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Distanak Kukar, Aji Gozali Rahman mengungkapkan, pada tahun 2023 ini mereka terus berupaya mengimpor bibit ternak dari luar wilayah. 

Salah satu contohnya adalah pengadaan bibit sapi dari Bali, yang menjadi pilihan utama Distanak Kukar.

Selain itu, upaya lain dalam rangka meningkatkan populasi hewan ternak melibatkan pengembangan kawasan yang menekankan integrasi antara peternakan sapi dan perkebunan kelapa sawit. 

Langkah-langkah tersebut mencakup pengembangan peternakan sapi di bekas lokasi tambang dan program bantuan yang melibatkan penyediaan kandang ternak untuk sapi, kambing, ayam petelur, dan ayam pedaging.

"Aktivitas pengadaan sapi dari Bali telah dimulai, dan kami sedang memantau perjalanan lebih dari 300 ekor sapi," ungkap Aji Gozali Rahman, Rabu (4/10/2023).

Sementara itu, dalam pengadaan ternak kambing, sudah lebih dari 115 ekor yang telah didistribusikan ke empat kelompok ternak. 

Setiap kelompok berlokasi di Kecamatan Marangkayu, Kecamatan Tenggarong, dan Kecamatan Anggana.

Selain upaya pengadaan hewan, Distanak Kukar juga memberikan bantuan berupa kandang ternak untuk sapi dan kambing. 

Sebanyak empat kelompok peternak sapi dan tujuh kelompok peternak kambing telah menerima bantuan ini.

Bantuan tersebut tersebar di beberapa wilayah, seperti Kecamatan Tenggarong Seberang, Muara Kaman, dan Anggana.

"Kami juga menerima bantuan pagar ranch sekitar tujuh unit dari APBD provinsi yang akan digunakan sebagai pagar pembatas di daerah hulu," tambahnya. (*/adv/kominfokukar_23)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: