DP3A Kukar Apresiasi Pelantikan Ranting IWAPI Tenggarong Seberang

DP3A Kukar Apresiasi Pelantikan Ranting IWAPI Tenggarong Seberang

Nomorsatukaltim.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara mengapresiasi pelantikan ranting Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kecamatan Tenggarong Seberang.

Pelantikan digelar di ruang Balai Pertemuan Umum Kantor Camat Tenggarong Seberang. Di pelantikan itu, Winem dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua IWAPI Kecamatan Tenggarong Seberang dengan beranggotakan 15 orang. Yang dilantik langsung Ketua IWAPI Kukar, Fetty Puja Amelia.

"Karena ini sesuai program DP3A Kukar yaitu pengarusutamaan Gender. Seperti yang kita tahu bahwa dalam statistik, kita punya 66 ribu UMKM di Kukar, itu 40% perempuan. Jadi sekitar 25-30 ribu usaha di jalankan oleh perempuan, " ujar Kepala DP3A Kukar, Bambang Arwanto, Selasa (12/9/2023).

Yang menjadi permasalahan saat ini, akses perempuan terhadap sumber daya produktif masih sangat terbatas. Terutama masalah perizinan dari jumlah yang dikelola perempuan. Tercatat sampai saat ini baru sekitar 20 persen pelaku UMKM wanita yang memiliki izin resmi.

"Ini terus dibantu bagaimana pengusaha yang tergabung dalam IWAPI bisa membina dan dibina oleh perusahaan besar selain itu juga dapat dibina secara administrasi perizinannya, " sebutnya.

Ini juga sudah diatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia. Bahwa perempuan harus dapat menghentikan marjinalisasi secara ekonomi. (*/atr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: