Tingkatkan Kualitas Jalan, Gang di Grogot Akan Dilatasir

Tingkatkan Kualitas Jalan, Gang di Grogot Akan Dilatasir

Paser, Nomorsatukaltim.com - Peningkatan kualitas jalan terus diupayakan pasangan Bupati Paser dan Wakil Bupati Paser, Fahmi Fadli - Syarifah Masitah Assegaf.

Hal itu sesuai implementasi Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera). Yakni peningkatan infrastruktur jalan, yang menjadi salah satu dari 9 program prioritas.

Salah satunya jalan gang lingkungan di Kecamatan Tanah Grogot. Ditargetkan pertengahan tahun ini atau saat penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan mulai dikerjakan dan rampung 2024 mendatang.

"Di daerah perkotaan (Tanah Grogot) Pak Bupati memerintahkan untuk dilatasir semua," kata Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Paser, Aji Mohammad Tommy, Selasa (21/3/2023).

Diinformasikan, latasir yakni lapisan penutup terdiri dari aspal keras dan pasir. Memiliki fungsi sebagai lapis penutup. Biasanya digunakan untuk jalan yang intensitas lalu lintas kendaraan yang rendah. Antara lain akses perumahan, permukiman atau jalan gang.

Diketahui Kecamatan Tanah Grogot terdapat 403 ruas jalan gang lingkungan. Dengan volume panjang 63 kilometer dan lebar dari 1,50 meter sampai 4,50 meter.

"Jalan lingkungan di gang-gang yang ada di Kecamatan Tanah Grogot dilatasir, dan 2024 sudah semua," jelasnya.

Keseriusan Pemkab Paser dalam meningkatkan kualitas lingkungan kembali diperlihatkan, sebelumnya diawal 2023, Bupati Paser Fahmi Fadli meninjau 10 titik pembangunan di Kecamatan Tanah Grogot.

Saat itu baik yang telah dilakukan pengerjaan maupun masih tahap perencanaan. Antara lain Jalan Pangeran Singa Maulana dimana dilakukan pelebaran jalan. Kemudian berlanjut ke Gang Cempaka dan Samudera.

Di dua gang itu, Fahmi melihat kondisi langsung drainase dan jalan. Orang nomor satu di Pemkab Paser itu meminta instansi terkait untuk melakukan peningkatan kualitas infrastruktur tersebut.

Secara keseluruhan di Kabupaten Paser untuk jalan lingkungan berdasarkan database DPKPP dari 133 desa yang telah dilakukan pengecekan terdapat 2.522 ruas jalan lingkungan. Bila digabungkan memiliki panjang 764 kilometer.

Kemudian dibagi dalam dua kategori. Yakni kondisi baik dengan panjang 411 kilometer atau 53,84 persen, serta kondisi kurang baik mencapai 353 kilometer atau 46,16 persen. "Kondisi tidak mantap ini menjadi target untuk menuntaskannya di Paser MAS," pungkas Tommy. (adv)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: