Anggaran Peningkatan SDM Diusulkan Naik

Anggaran Peningkatan SDM Diusulkan Naik

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Balikpapan, Tirta Dewi. (Ferry Cahyanti/Disway Kaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com -- Kebutuhan sumber daya manusia andal untuk persiapan ibu kota negara turut memengaruhi alokasi anggaran Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Balikpapan.

Tahun depan, lembaga yang mengurusi para pencari kerja itu mengusulkan kenaikan anggaran.

Hal itu dilakukan untuk mendukung program kerja peningkatan kualitas sumber daya manusia atau skill tenaga kerja.

"Tuntutan peningkatan kualitas SDM menjadi pekerjaan rumah harus terus dikejar setiap tahunnya agar mampu bertahan di tengah persaingan yang kompetitif," kata Kepala Disnaker Balikpapan, Tirta Dewi, Jumat (15/11/2019).

Anggaran peningkatan kualitas tahun depan dialokasikan lebih dari 35 persen dari nilai sebesar Rp 3,4 miliar.

“Saat ini yang diusulkan ada kenaikan namun tidak signifikan untuk tahun depan. Naik dari tahun ini sebesar 28 persen atau dari Rp 2,6 miliar menjadi Rp 3,4 miliar. Porsinya lebih banyak pelatihan kerja sebesar 35 persen,” terangnya.

Anggaran peningkatan SDM itu dibagi untuk keluarga tidak mampu atau gakin, dan berbasis kompetensi bagi semua pencari tenaga kerja. Pelatihan dan pemagangan juga bekerjasama dengan balai latihan kerja, perusahaan dan berbagai pihak untuk meningkatkan skill mereka.

Peningkatan keahlian pencari kerja menjadi salah satu tantangan Balikpapan setelah Kalimantan Timur ditetapkan sebagai ibu kota baru.

"SDM lokal harus mampu bersaing supaya tidak menjadi penonton di daerah sendiri," ujarnya. Potensi persaingan pencari kerja akan tinggi menyusul  IKN menjadi kawasan terbuka. (fey/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: