Kasus Covid-19 di Paser Masih Naik Turun

Kasus Covid-19 di Paser Masih Naik Turun

Tana Paser, Nomorsatukaltim.comAngka masyarakat terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Paser masih naik turun. Hingga Selasa (23/3/2021) pukul 11.00 Wita, terdapat 98 warga terkonfirmasi positif. Mereka menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Atau karantina di eks Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya, serta ruang isolasi RSUD Panglima Sebaya.

“Saat ini berstatus zona merah. Naik turun setiap harinya. Seperti kemarin (Senin) ada satu tambahan kasus positif dan delapan pasien dinyatakan sembuh,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Paser, Amir Faisol SKM Mkes, Selasa (23/3) siang.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, selama satu tahun pandemi, jika 3.276 warga di Kabupaten Paser telah terpapar COVID-19. Yang sembuh sebanyak 3.111 jiwa, dan yang meninggal disertai penyakit penyerta sebanyak 67 orang.

Demi menekan kasus COVID-19 di Paser, selain meminta masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas (5M), juga saat ini masih diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan vaksinasi.

“PPKM dan proses vaksinasi yang terus berjalan ini, berpotensi mengurangi tingkat penularan COVID- 19,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser itu.

Sejak Rabu (3/3) lalu sampai sekarang, vaksinasi tahap kedua yang menyasar pelayan publik masih berjalan. Adapun yang menerima, di antaranya TNI-Polri, instansi vertikal, ASN, pedagang pasar, tokoh agama dan wartawan.

“Untuk pelayan publik pada dosis pertama sebanyak 3.230 vaksin atau 96,4 persen. Sedangkan dosis kedua mencapai 2.257 penyuntikan vaksin dan masih berjalan 67,4 persen,” tutur Amir.

Sekadar diketahui, vaksinasi tahap pertama Kabupaten Paser menerima 3.600 dosis, dan diberikan kepada unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tenaga kesehatan hingga pejabat pemerintahan.

Sedangkan, tahap kedua ini hanya diberikan 3.100 dosis vaksin. Sementara, Dinas Kesehatan Paser menargetkan 15 ribu jiwa pelayan publik untuk divaksin.

Dosis tersebut berdasarkan hitung-hitungan yang dialokasikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Dikatakannya dalam waktu dekat, kembali akan diberikan dosis vaksin tambahan, guna menutupi kekurangan dari yang dibutuhkan itu.

Satgas Covid-19 Kabupaten Paser menargetkan minimal 80 persen warga divaksin. Diterangkan Amir, hal itu sesuai instruksi dari pemerintah pusat. Jika nanti, telah ada vaksinasi untuk masyarakat, ia meminta untuk kerja sama menyukseskan vaksinasi. “Kami berharap masyarakat berkenan untuk ikut vaksin,” pinta dia.

Saat ini masih berjalan pula vaksinasi bagi tenaga kesehatan (Nakes) dan lanjut usia (lansia). “Masih jalan semua. Nakes pada dosis pertama ada 1.853 vaksin (102,9 persen), dosis kedua sebanyak 1.762 (97,9 persen), dan lansia dosis satu sudah 377 (35,9 persen), serta dosis dua masih 5 yang telah divaksin (0,5 persen),” tandasnya. (asa/dah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: