Seluruh Penerbangan Lion Air Group Menuju Samarinda Dialihkan

Seluruh Penerbangan Lion Air Group Menuju Samarinda Dialihkan

Ratusan penumpang mengantre di loket Lion Air Group. (Andrie/diswaykaltim.com)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Maskapai penerbangan Lion Air mengalihkan seluruh penerbangan menuju Bandara APT Pranoto, Samarinda mulai hari ini, Senin (16/9/2019).

Pengalihan itu dilakukan menyusul kondisi cuaca di Kota Samarinda yang tak kunjung membaik.

Keputusan itu disebabkan cuaca buruk berupa kabut asap yang terjadi. Kabut asap yang kian pekat mengakibatkan jarak pandang pendek (visibility below minimum). Tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas dan mendarat.

“Pengalihan seluruh jaringan penerbangan domestik dari dan menuju Samarinda dimulai hari ini sampai pemberitahuan lebih lanjut. Perubahan rute bersifat sementara hingga kondisi cuaca di Samarinda membaik,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Senin (16/9/2019).

Dengan kondisi tersebut maka seluruh operasional pesawat Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) dipindahkan  atau reroute ke Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.

Dampak dari pemindahan itu juga menjalar ke rute lainnya. Sedikitnya 7 rute ikut terdampak dan mengalami penyesuaian.

Kota yang mengalami penyesuaian rute melalui bandar udara, adalah:

1. Jakarta – Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK). 2. Jakarta – Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP). 3. Yogyakarta – Bandar Udara Internasional Adisutjipto (JOG). 4. Yogyakarta – Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulonprogo (YIA). 5. Surabaya – Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur (SUB). 6. Denpasar – Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS). 7. Berau – Bandar Udara Kalimarau, Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur (BEJ).

Dengan penyesuaian rute tersebut, kata Danang, masyarakat dari dan menuju Kalimantan Timur memiliki alternatif perjalanan udara. Dengan situasi yang terjadi, seluruh operasional dijalankan menurut  prosedur operasional standar (SOP).

Lion Air Group memberikan informasi kepada seluruh tamu atau penumpang yang mempunyai jadwal penerbangan dengan tujuan Samarinda (inbound) dan dari Samarinda (outbound) untuk melapor ke petugas layanan di bandar udara (customer services) atau layanan pelanggan (call center) 021-63798000.

Lion Air Group juga memfasilitasi kepada penumpang bagi yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Kami akan terus berkoordinasi bersama pihak terkait guna memperoleh perkembangan atau keterangan sesuai situasi terbaru. Operasional Lion Air Group akan berjalan normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan (safe for flight),” jelas Danang.

Dia menambahkan, Lion Air Group akan meminimalisasi dampak yang timbul, agar operasional lainnya tidak terganggu. (k/fey/eny)

Berita Terkait:

Ratusan Penumpang Terlantar di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: