Bankaltimtara

Inovasi Digital PPU, Simperjadin Bikin Perjalanan Dinas Pegawai Pemerintah Lebih Efisien dan Transparan

Inovasi Digital PPU, Simperjadin Bikin Perjalanan Dinas Pegawai Pemerintah Lebih Efisien dan Transparan

Diskominfo PPU saat mengenalkan aplikasi Simperjadin.-istimewa-

PENAJAM PASER UTARA, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perjalanan Dinas (Simperjadin).

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten PPU telah mengenalkan aplikasi itu melalui sosialisasi yang dilaksanakan pada Jumat 24 Oktober 2025.

Pelaksana teknis (Plt) Sekretaris Diskominfo Kabupaten PPU, Arsan mengatakan, Simperjadin hadir sebagai solusi inovatif untuk menjawab tantangan administrasi konvensional.

Aplikasi ini dirancang tidak hanya untuk mempermudah dan mempercepat seluruh proses pengelolaan perjalanan dinas, tetapi juga secara fundamental mendukung kebijakan penghematan anggaran melalui konsep paperless.

BACA JUGA:Pemkab Kukar Gelontorkan Rp10 Miliar untuk Normalisasi Irigasi dan Jalan Tani Loa Ipuh

"Harapannya dapat memudahkan proses administrasi perjalanan dinas dan yang terpenting sangat membantu dalam hal efisiensi karena mulai dari pengusulan perjalanan hingga tahap pelaporan dapat kita lakukan secara paperless," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang IKPH Diskominfo Kabupaten PPU, Eko Sumarlianti menuturkan, keunggulan utama Simperjadin adalah kemampuannya untuk memastikan proses pengusulan perjalanan dinas dilakukan secara objektif dan terukur.

Hal ini memungkinkan organisasi untuk melakukan pengawasan yang ketat, dan yang terpenting, mencegah potensi terjadinya perjalanan dinas ganda oleh individu yang sama, sehingga menjamin akuntabilitas penggunaan anggaran daerah.

BACA JUGA:Dinas PUPR Kutim Usulkan Anggaran Pembangunan Jembatan Ring Road II

Dikatakannya, Simperjadin memiliki 2 fitur utama, yakni pengelolaan administrasi dan rekapitulasi perjalanan dinas.

"Dengan adanya aplikasi Simperjadin, pengelolaan administrasi perjalanan dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara diharapkan menjadi lebih efisien, akurat, transparan, dan terukur," ucap Eko.

Dirinya menyebut, aplikasi ini akan mempermudah setiap perangkat daerah dalam melaksanakan tugas kedinasan secara efektif.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, Diskominfo PPU bertekad memastikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat mengimplementasikan Simperjadin dengan maksimal.

BACA JUGA:Lelang Pengelola Parkir Pasar Pagi Samarinda Dikebut, Dishub Targetkan Rampung Akhir Bulan Ini

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait