Iptu Ence Indrayani Sampaikan Pentingnya Awasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Selasa 22-10-2024,20:22 WIB
Reporter : Acip Setiawan
Editor : Baharunsyah

KUKAR, NOMORSATUKALTIM –  Kasat Samapta Polres Kukar Iptu Ence Indrayani menjadi pemateri dalam kegiatan parenting di SMP Negeri 2 Tenggarong pada Selasa (22/10/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam pola pengasuhan, membimbing, dan mendidik anak secara baik dan benar antara pihak sekolah dan orang tua.

Dalam sosialisasinya, Iptu Ence Indrayani menyampaikan sejumlah poin penting terkait ba

haya penggunaan ponsel pada anak-anak pelajar. Ia juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan keluarga dan sekolah bebas dari kekerasan serta bullying.

Iptu Ence menyoroti dampak negatif penggunaan ponsel yang berlebihan pada pelajar. Ia mengingatkan agar ponsel hanya digunakan pada saat jam belajar dan di bawah pengawasan orang tua.

BACA JUGA:Para Orang Tua Simak! Kenali Gejala Lupus Seperti Ini Pada Anak

BACA JUGA:Ternyata Ini Daerah Paling Berbahaya di Pantai, Orang Tua Wajib Kenali Ciri-cirinya

Penggunaan yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai masalah, baik dari segi kesehatan maupun perilaku sosial anak.

"Kita harus memastikan bahwa anak-anak hanya menggunakan HP untuk kegiatan yang bermanfaat, terutama untuk belajar. Di luar itu, ada banyak risiko, termasuk kecanduan dan penurunan kemampuan bersosialisasi," ujar Iptu Ence, pada Selasa 22 Oktober 2024.

Selain itu, ia menekankan agar anak-anak tidak menggunakan kendaraan bermotor jika belum cukup umur, serta pentingnya selalu melaksanakan ibadah seperti salat dan menghormati orang tua serta guru.

Dalam kesempatan yang sama, Iptu Ence mengingatkan bahwa tanggung jawab pendidikan anak tidak hanya ada di pihak sekolah, tetapi juga di orang tua.

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu! 7 Tips Mendidik Anak agar Tak Kecanduan Gadget

BACA JUGA:Studi: Rutin Menatap Gadget di Usia Dini, Meningkatkan Risiko Depresi dan Gangguan Mental

Ketika anak berada di sekolah, menjadi tanggung jawab guru, namun di luar jam sekolah, tanggung jawab itu ada pada orang tua.

"Jangan sampai terjadi kekerasan atau bullying, baik di dalam keluarga maupun di sekolah. Anak-anak perlu mendapatkan lingkungan yang mendukung untuk tumbuh kembangnya secara positif," tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Tenggarong, Yunus HS, menyatakan bahwa program parenting ini merupakan bagian dari program kerja sekolah yang dirancang untuk membina hubungan baik antara sekolah dan orang tua.

Kategori :