Obesitas Mengancam Kesehatan Ibu Selama Masa Kehamilan

Senin 07-10-2024,11:17 WIB
Reporter : Tri Romadhani
Editor : Tri Romadhani

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan di Linköping University dan Karolinska Institutet di Swedia memberikan wawasan penting mengenai dampak kelebihan berat badan terhadap kesehatan selama kehamilan.

Temuan ini menunjukkan bahwa memiliki berat badan berlebih dapat secara signifikan meningkatkan risiko berbagai komplikasi kesehatan yang dihadapi oleh perempuan hamil.

Dalam laporan yang dipublikasikan oleh Medical Daily pada Sabtu (5/10/2024), para peneliti menjelaskan bahwa mereka menyelidiki risiko kesehatan yang dihadapi oleh perempuan hamil yang mengalami kelebihan berat badan, termasuk di dalamnya individu yang lahir di Swedia serta mereka yang pindah ke negara tersebut.

Penelitian ini melibatkan analisis hampir dua juta kehamilan, dengan fokus pada delapan komplikasi yang dapat memengaruhi kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan dan proses persalinan.

BACA JUGA : Waspada Mikroplastik Kini Ditemukan di Kosmetik

Komplikasi yang diteliti mencakup berbagai kondisi serius, seperti preeklampsia, diabetes gestasional, serta kematian bayi dalam tahun pertama setelah kelahiran.

Selain itu, mereka juga meneliti kasus kelahiran prematur, kelahiran sangat prematur, dan juga menilai kondisi bayi baru lahir menggunakan skor APGAR.

Para peneliti juga mempertimbangkan risiko yang berhubungan dengan berat badan bayi saat lahir, baik yang berukuran besar maupun kecil.

Menurut para peneliti, banyak dari komplikasi yang terjadi selama kehamilan, seperti diabetes gestasional, sebenarnya dapat dicegah jika perempuan memiliki berat badan yang normal saat memulai kehamilan.

BACA JUGA : Presiden Joko Widodo akan Kembali Lakukan Groundbreaking di IKN dalam Waku Dekat

"Sebagai contoh, kami menemukan bahwa sekitar setengah dari kasus diabetes gestasional dapat dihindari. Temuan ini berlaku bagi perempuan yang lahir di Swedia maupun mereka yang berasal dari luar negeri," jelas Maryam Shirvanifar, penulis utama dari studi ini.

Hasil penelitian ini menyoroti bahwa pengaruh berat badan terhadap komplikasi selama kehamilan dapat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing individu.

Misalnya, para peneliti menemukan bahwa kelebihan berat badan lebih erat kaitannya dengan peningkatan risiko diabetes gestasional dibandingkan dengan masalah kesehatan terkait kehamilan lainnya.

Studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal The Lancet Public Health, memberikan bukti kuat bahwa menjaga berat badan yang sehat sangat penting.

BACA JUGA : Menhub akan Lakukan Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat yang Lebih Besar di Bandara IKN

Kategori :