Tiga Sektor Ini Jadi Pehatian Pemkab Berau untuk Dikembangkan Selain Pertambangan

Minggu 06-10-2024,19:07 WIB
Reporter : Rizal
Editor : Baharunsyah

BERAU, NOMORSATUKALTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus berupaya untuk mengembangkan dan meningkatkan berbagai sektor pembanguna guna menyambut Ibukota Nusantara (IKN).

Sekretaris Daerah (Sekda) Berau Muhammad Said mengatakan hal pertama yang harus dipersiapkan adalah sektor pariwisata.

"Kenapa pariwisata menjadi yang utama, ya karena Kabupaten Berau ini memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa," ujar Muhammad Said, Minggu (6/10/2024).

Menurutnya, ketika IKN benar-benar terlaksana, maka dengan otomatis pilihan pariwisata yang dekat ada di Kabupaten Berau.

BACA JUGA:Liliansyah Keluar Daerah, Penetapan Ketua DPRD Berau Definitif Tertunda

BACA JUGA:Kunjungi Kantor OPD, Pjs Bupati Berau Berikan Evaluasi

“Kita banyak destinasi pariwisata yang masih bisa dan akan dikembangkan terus menerus,” katanya.

Diketahui, Kabupaten Berau memiliki 13 kecamatan. Dari 13 kecamatan yang ada itu, terdapat potensi pariwisata yang beraneka ragam. Selain wisata bahari, Berau juga kaya akan wisata kuliner, budaya, dan sejarah.

“Untuk itu, saya meminta dinas terkait dapat terus meningkatkan potensi sektor pariwisata ini baik dari sisi infrastruktur dan lain sebagainya guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD),” tuturnya.

BACA JUGA:Jabatan Kepala Diskan dan Kepala Disperkim Berau Baru Terisi Tahun Depan

BACA JUGA:DPRD Minta Pemkab Berau Perhatikan Sektor Pertanian

Selain pariwisata, ada juga sektor pangan dan pertanian. Dengan luas wilayah yang cukup besar ini, Said berharap, Kabupaten Berau menjadi sentra atau lumbung pangan khusus untuk wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

"Mungkin selama ini Kabupaten Berau terlalu fokus terhadap pertambangan. Padahal, ada banyak lahan-lahan pertanian yang bisa diupayakan," ujarnya.

Dirinya meyakini, bahwa potensi pertanian dan pangan yang luar biasa, seperti padi, jagung dan lain sebagainya di Kabupaten Berau bisa menopang di IKN maupun di wilayah Kaltim.

Tags : #pariwisata
Kategori :