Sehari, Pemasukan Kedai Kopi di Rest Area IKN Nusantara Tembus Rp 1,5 Juta

Jumat 04-10-2024,11:02 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Hariadi

IKN, NOMORSATUKALTIM – Sejak hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, dampak positif mulai dirasakan oleh masyarakat setempat. 

Salah satu dampak yang signifikan adalah perbaikan infrastruktur jalan, yang sebelumnya berupa tanah merah dan sulit dilalui ketika hujan, kini sudah menjadi jalan mulus yang mempermudah akses. 

Selain itu, IKN Nusantara juga memberikan dampak ekonomi bagi warga di sekitar, terutama di sektor usaha kecil dan menengah (UMKM).

Berdasarkan pantauan di lapangan, banyak warung kopi (warkop) mulai bermunculan di sepanjang jalan menuju IKN Nusantara, khususnya di area Simpang Silkar. 

BACA JUGA: Perpindahan Federasi Sudah Klir, Hilgers dan Reijnders Dipastikan Debut Bersama Timnas di Laga vs Bahrain

BACA JUGA: Begini Penampakan Asrama Training Center PSSI di IKN

Warkop ini menjual berbagai minuman kemasan dan makanan ringan seperti gorengan, yang sebagian besar dibeli oleh para pekerja proyek di IKN Nusantara. 

Meskipun kafe atau restoran besar belum banyak terlihat di sekitar IKN karena masih dalam tahap pembangunan, kawasan rest area IKN Nusantara sudah menyediakan sekitar 20 tenan UMKM yang menjual makanan dan minuman.

Rest area tersebut terletak strategis di sisi kiri jalan dari arah Simpang Silkar, Kecamatan Petung, dengan waktu tempuh sekitar satu jam. 

Begitu tiba, pengunjung akan disambut dengan plang bertuliskan "Sentra UMKM Nusantara", tempat ideal untuk mencicipi aneka kopi dan camilan yang ditawarkan. 

BACA JUGA: Pembangunan di IKN Bikin Sektor Kuliner di Balikpapan Ikut Tumbuh

BACA JUGA: Jokowi Perintahkan Menhub Ubah Status Bandara IKN Jadi Komersial

Beberapa varian kopi yang disajikan termasuk coffee latte, Vietnam drip, kopi susu, caramel macchiato, hingga Americano. 

Ada pula minuman non-kopi seperti ice blend, bubble gum, tiramisu, red velvet, dan berbagai pilihan lainnya.

Menurut Sabna, seorang barista di salah satu kedai kopi di rest area tersebut, kehadiran IKN sangat membantu peningkatan pemasukan. 

Kategori :