Madri Pani Dorong Pemkab Genjot Empat Sektor Demi Tingkatkan PAD

Selasa 09-07-2024,19:59 WIB
Reporter : Rizal
Editor : Baharunsyah

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Madri Pani mendorong Pemkab menggenjot empat sektor untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ke empat sektor tersebut diantaranya pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata. Hal ini dimaksudkan agar Berau tidak ketergantungan pada pertambangan.

"Ke empat sektor ini dapat diandalkan saat pertambangan tidak lagi beroperasi. Kan sumber daya alam (SDA) ini lama kelamaan tentu akan abis, 10 sampai 15 tahun kedepan," kata Madri, Selasa (9/7/2024).

BACA JUGA:Masih Berlangsung, Alat Berat Penambangan Batu Bara Ilegal Kembali Diamankan

Menurutnya, ke empat sektor ini bisa diandalkan dengan melakukan peningkatan sarana dan prasarana yang menjadi kunci untuk mendukung perkembangan tersebut.

"Banyak juga masyarakat Berau ini masih menggantungkan hidupnya pada ke empat sektor itu. Selain menjadi penyangga pangan, sektor-sektor ini juga mudah diproduksi dan dijual kembali," ujarnya.

Pemkab Berau, kata dia, memiliki anggaran yang cukup besar. Dengan anggaran yang besar, ke empat sektor ini harus diutamakan. 

Pemkab Berau melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah berperan besar dalam memberikan perhatian kepada kelompok tani, peternak, dan nelayan untuk meningkatkan produktivitas. 

"Seperti pemberian stimulan yang berkelanjutan sangat diperlukan, agar sektor-sektor ini dapat berkontribusi signifikan terhadap perekonomian masyarakat Berau," tuturnya.

BACA JUGA:Dinkes Berau Ajak Masyarakat Rutin Periksa Kesehatan

Madri mengucapkan, lembaga legislatif berkomitmen mendukung upaya pemerintah daerah dalam mendorong peningkatan sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata.

"Karena kita percuma berbicara peningkatan pertanian, perkebunan, perikanan dan pariwisata, sementara tidak didukung anggaran yang baik," ucapnya.

Selain alokasi anggaran dari daerah, lanjut Madri, anggaran dari pemerintah pusat juga penting untuk mendukung program-program jangka panjang yang dapat meningkatkan hasil produksi petani dan nelayan. 

"Di antaranya, mendorong pertanian melalui bantuan teknologi pertanian berupa alat-alat modern, bibit unggul, dan pupuk organik untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas," jelasnya.

BACA JUGA:Sri Juniarsih : Dana RT Harus Bermanfaat untuk Masyarakat

Kategori :