Rekapitulasi Surat Suara di Sejumlah Titik di Kabupaten Berau Terkendala Jaringan

Kamis 15-02-2024,17:45 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Perhitungan suara menggunakan aplikasi Sirekap tidak berjalan akurat.

Pasalnya di Kabupaten Berau khususnya di wilayah perkampungan masih terdapat daerah yang mengalami blankspot.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, Budi Harianto mengatakan, pihaknya sampai saat ini belum melakukan perekapan, dikarenakan petugas yang berada dilapangan baru selesai melakukan perekapan menjelang pagi hari.

"Banyak yang selesainya subuh dan ada beberapa kecamatan yang belum selesai rekap, jadi kita belum bisa melihat hasil," ujar Budi, Kamis (15/2/2024).

Hasil perhitungan suara nantinya akan dilakukan rekapitulasi sementara menggunakan aplikasi Sirekap. Namun, banyak kendala yang dialami dilapangan terkait jaringan, khususnya di wilayah perkampungan. Sehingga banyak petugas yang tidak bisa mengirimkan data.

"Kalau keseluruhan TPS sudah berjalan 95% sudah melalui perekapan bahkan teman-teman yang sampai pagi ini belum bisa dimintai data karna kondisi mereka dilapangan dan juga ada beberapa teman-teman ada yang pingsan. Jadi kita membiarkan mereka istirahat dulu," ucapnya.

Lebih lanjut, dari lima jenis pemilahan sampai saat ini pihaknya belum melakukan perekapan.

"Nanti KPU bisa melihat hasil rekap di tingkat PPK, dan kemungkinan akan dimulai besok. Untuk hasil rekap di tingkat kecamatan diperkirakan selesai pada tanggal 16 Februari," pungkasnya. (SAHRUDDIN)

Kategori :