Gara-gara Pemilu, Imlek di Aceh Tahun ini Tanpa Barongsai

Sabtu 10-02-2024,09:00 WIB
Editor : Hariyadi

NOMORSATUKALTIM - Klub Golden Dragon Aceh tidak menampilkan atraksi barongsai saat perayaan Imlek 2575 kongzili di Banda Aceh.

Pelatih Golden Dragon, Harianto Lie atau Koh Acong memilih tidak tampil demi menghindari penggiringan politik jelang pemungutan suara Pemilu 2024.

“Kita tidak melakukan performa di Imlek karena kondisi tahun ini adalah tahun politik,” kata Acong, Jumat (9/2/2024). 

"Kita mengambil kesimpulan tidak tampil guna mengantisipasi agar jangan sampai terjadi penggiringan opini politik dalam kegiatan tersebut," lanjut Acong, dilansir dari Antara.

BACA JUGA: Pertama Dalam Sejarah, Wasit Akan Keluarkan ‘Kartu Biru’ Dalam Sepak Bola, Apa Itu?

Menurutnya, keputusan ini turut didukung dan disepakati para pengurus maupun anggota tim Barongsai.

Acong mengakui jika penampilan Barongsai selalu ditunggu dalam setiap perayaan Imlek di Banda Aceh. Baik oleh warga Tionghoa sendiri maupun sebagai hiburan bagi masyarakat muslim di Banda Aceh.

Menurutnya, keputusannya itu memang membuat warga etnis Tionghoa kecewa, lantaran atraksi Barongsai binaan Yayasan Hakka tersebut batal melengkapi kemeriahan imlek di Banda Aceh. 

BACA JUGA: Sempat Tekendala, Persoalan Distribusi Logistik Pemilu di Paser Sudah Ditangani

Namun, kata Acong, jauh lebih penting menjaga ketenangan Pemilu 2024. Dirinya tak mau ada oknum yang memanfaatkan momentum Imlek untuk kepentingan politik. 

"Tanpa ada barongsai (memang) seperti kurang meriah. Cuma, masyarakat harus mengerti dan paham dengan kondisi sekarang," kata Acong.

Meskipun tak ada penampilan Barongsai, umat Budha di Banda Aceh tetap dapat menikmati perayaan Imlek 2575 kongzili bertepatan shio Naga Kayu dengan beribadah di vihara ataupun merayakannya bersama keluarga di rumah masing-masing.

BACA JUGA: Jokowi Tetapkan 14 Februari 2024 Libur Nasional, Jangan Lupa Nyoblos!

"Perayaan Imlek nanti vihara tetap dibuka untuk beribadah, tetapi di sana tidak mengadakan acara/kegiatan cuma ibadah saja. Gereja juga tetap bisa melaksanakan perayaan Imlek sesuai dengan koridor masing-masing,"  demikian Acong.

Perayaan Imlek 2575 kongzili tahun 2024 ini bertepatan dengan shio Naga Kayu. Dalam astrologi Cina, naga kayu melambangkan kekuatan, keluhuran, kehormatan, keberuntungan, dan kesuksesan.

Kategori :