Meski Kader Partai, Kandidat Lebih Pilih Jalur Perseorangan

Jumat 04-10-2019,18:47 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Parawansa Assoniwora. (dok)

Samarinda, DiswayKaltim.com - Bakal calon wali kota dari jalur perseorangan mulai bermunculan. Bahkan beberapa diantaranya merupakan kader partai.

Salah satu calon peserta pilwali jalur independen adalah Parawansa Assoniwora. Dia kader Golkar Kaltim. Tentu ia bisa dengan mudah mendaftar di partai berlambang pohon beringin itu.

Tetapi ia memilih untuk tidak melakukannya. Itu pula yang melatarbelakangi beberapa tokoh untuk maju di jalur independen.

Berdasarkan pengalaman sosialisasinya, ada kejenuhan masyarakat terhadap parpol. Kata Anca, sapaan karibnya, masyarakat mulai tidak percaya pada parpol. Meski demikian, hal itu bukan jadi alasan utama dia maju lewat jalur ini.

Ia pun sebagai calon peserta merasa tidak tertarik untuk memperebutkan parpol. Anca menyebut lebih ingin diusung masyarakat secara langsung. Memang perjuangannya berat di awal.

Namun, pada jalur independen banyak ruang untuk melakukan edukasi politik ke masyarakat. Dibanding parpol, kata ia, yang cenderung memetakan kebutuhan masyarakat secara subjektif.

"Tradisi hari ini, parpol banyak berpikir kekuasaan ketimbang kebutuhan masyarakat," ulas dia.

Meski demikian, perjuangan independen bukan berarti mudah. Tim Samarinda Berani menargetkan mengumpulkan 230 KTP perhari. Saat meminta KTP, ada saja masyarakat yang meminta uang. Ia lebih memilih mengabaikan warga yang matre itu.

"Saya tak rugi. Sebab tidak ada uang yang saya keluarkan," tutup dia. (hdd/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait