Kekuasaan Pangeran Saudi di Ujung Tanduk

Kamis 15-10-2020,06:52 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Putra mahkota itu—saat wawancara televisi yang disiarkan pada Minggu (29/9) oleh media AS CBS—mengatakan, melindungi Saudi sulit. Karena ukuran kerajaan yang besar dan skala ancaman yang dihadapinya.

“Sangat sulit untuk membahas semua ini sepenuhnya,” katanya.

Dia juga menyerukan aksi global yang “kuat dan tegas” untuk mencegah Iran. Tetapi dia lebih suka “solusi damai” daripada solusi militer.

MEMICU KEBENCIAN

Yang dipertaruhkan adalah stabilitas politik di negara pengekspor minyak terbesar di dunia tersebut—sekutu utama AS di Timur Tengah.

Putra mahkota MBS secara resmi berada di baris berikutnya untuk takhta menggantikan ayahnya yang berusia 83 tahun, Raja Salman, dan merupakan penguasa de facto negara itu. Dia telah berjanji untuk mengubah Saudi menjadi negara modern.

Putra mahkota yang berusia 34 tahun itu—yang populer di kalangan pemuda Saudi—telah menerima pujian di dalam negeri. Karena melonggarkan pembatasan sosial di kerajaan muslim konservatif tersebut, memberi perempuan lebih banyak hak, dan berjanji untuk mendiversifikasi ekonomi yang saat ini sangat bergantung pada minyak Saudi.

Tetapi kontrol negara terhadap media dan tindakan keras terhadap perbedaan pendapat di kerajaan Saudi membuatnya sulit untuk mengukur tingkat antusiasme yang tulus di dalam negeri.

Serangan 14 September membakar 2 pabrik raksasa minyak negara Saudi Aramco, yang pada awalnya menghancurkan setengah dari produksi minyak kerajaan Saudi—5 persen dari produksi minyak global.

Saudi mengatakan, Iran bertanggung jawab—penilaian yang sama dimiliki oleh para pejabat AS. Para pejabat Iran membantah terlibat.

“Besarnya serangan ini terlihat jelas oleh masyarakat, dan juga fakta bahwa dia (putra mahkota) adalah menteri pertahanan dan saudaranya adalah wakil menteri pertahanan. Namun bisa dibilang negara ini telah mengalami serangan terbesar yang pernah ada,” kata Neil Quilliam, seorang peneliti senior di Chatham House, sebuah wadah pemikir urusan internasional yang berbasis di London.

“Ada kepercayaan yang semakin menurun pada kemampuannya untuk mengamankan negara—dan itu adalah konsekuensi dari kebijakannya,” kata Quilliam, seorang spesialis di Saudi dan Teluk. MBS mengawasi kebijakan luar negeri, keamanan, dan pertahanan.

Serangan itu telah memicu kebencian yang telah mendidih sejak putra mahkota itu berkuasa 2 tahun lalu, menyingkirkan para saingan pewaris takhta, dan menangkap ratusan tokoh yang paling menonjol di kerajaan Saudi atas tuduhan korupsi.

MBS telah melihat reputasinya di luar negeri menderita akibat perang yang mahal di Yaman untuk melawan kelompok Houthi yang selaras dengan Iran. Yang telah menewaskan puluhan ribu orang dan memicu krisis kemanusiaan.

Dia juga mendapat kecaman internasional atas pembunuhan setahun lalu terhadap jurnalis Jamal Khashoggi di Konsulat Istanbul, yang menurut Badan Intelijen AS diperintahkan oleh MBS.

Putra mahkota itu, selama wawancara CBS, membantah memerintahkan pembunuhan Khashoggi. Tetapi pada akhirnya memikul “tanggung jawab penuh” sebagai pemimpin de facto kerajaan.

Tags :
Kategori :

Terkait