RI Dipastikan Masuk Jurang Resesi

Sabtu 26-09-2020,14:27 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Dia menceritakan, sebenarnya banyak masyarakat yang masih memiliki banyak uang atau kondisi keuangannya masih baik. Namun, kelompok ini takut untuk berinvestasi, ekspansi, bahkan takut keluar rumah. Untuk membelanjakan uangnya. Seperti makan di restoran atau jalan-jalan ke pusat perbelanjaan

“Pikiran mereka konsentrasi ke keselamatan masing-masing. ‘Ini soal giliran saja kapan saya terkena virus?’ kata teman-teman pengusaha. Itulah yang memenuhi pikiran mereka,” tulisnya.

Dari sisi perbankan pun sama. Dahlan mengatakan, likuiditas masih banyak. Namun perbankan takut menyalurkan ke nasabah. Karena takut menjadi kredit macet atau non-performing loan (NPL). Apalagi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan nilai pinjaman yang disetujui untuk restrukturisasi mencapai Rp 860 triliun.

Oleh karena itu, dia mengatakan, harapan satu-satunya yang bisa diberikan kepada masyarakat di tengah potensi resesi adalah vaksinasi COVID-19.

Namun demikian, vaksinasi COVID-19 yang bisa diberikan kepada masyarakat tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Belum lagi dengan berbagai macam isu lainnya tentang vaksin. Seperti temuan tentang sifat virus corona yang akan semakin agresif saat vaksin ditemukan. Sementara bayang-bayang resesi sudah mengintai. Bahkan sebelum resesi itu diumumkan. “Kita butuh secercah harapan. Hidup itu karena ada harapan,” tulis Dahlan. (kmp/dtk/qn)

Tags :
Kategori :

Terkait