Cegah Pandemi, Pemkot Balikpapan Pantau Kapal di Pelabuhan

Cegah Pandemi, Pemkot Balikpapan Pantau Kapal di Pelabuhan

Kedatangan perdana KM Bukit Siguntang di Pelabuhan Semayang, Balikpapan. (Andi Muhammad Hafizh/Disway Kaltim)

Balikpapan, diswaykaltim.com - Pemkot berencana memantau langsung kedatangan kapal. Yang berlabuh di Pelabuhan Semayang.

Ini untuk menentukan evaluasi kebijakan baru, yang mengatur lalu lalang orang dan barang. Melalui jalur laut. "Nanti kita lihat," ujar Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Selasa (30/6).

Dari informasi yang dihimpun, ada dua kapal yang dijadwalkan bersandar di Pelabuhan Semayang. Yakni Kapal Muatan (KM) Bukit Siguntang, pada pukul 18.00 Wita, kemarin. Kemudian kembali berangkat membawa penumpang dari Balikpapan pada pukul 20.30 Wita. Kapal kedua, KM Labobar dijadwalkan bersandar pukul 01.00 Wita, Rabu (1/7).

Rizal menyampaikan, karakteristik penumpang kapal berbeda dengan pendatang jalur udara. Sehingga penerapan protokol kesehatan kemungkinan berbeda juga.

Sebelumnya pemkot berencana meninjau kedatangan kapal. Namun jadwalnya berubah. Sehingga ia tidak jadi melihat langsung prosesnya. "Tapi informasi dari Dandim, dari Danlanal, bahwa tidak banyak penumpang yang datang. Evaluasinya tetap dilakukan setelah mendapat hasil pemeriksaan petugas dinas kesehatan," urainya.

Selain itu ada kebijakan baru dari Pelni. Yakni para penumpang kapal laut yang transit tidak diperkenankan turun di pelabuhan yang bukan tujuan. Para penumpang transit harus tetap berada di atas kapal. (ryn/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: