Melewati Tiga Tahap Pemeriksaan, Mulai Juli Wajib Tes Swab

Melewati Tiga Tahap Pemeriksaan, Mulai Juli Wajib Tes Swab

Di bandara, sebelum masuk ke tempat check-in tiket, ada pemeriksaan dokumen kesehatan. Rapid test maupun PCR atau hasil tes swab. Kemudian calon penumpang disuruh mendownload aplikasi eHAC Indonesia. Lalu mengisi data yang dibutuhkan. Setelah itu, baru bisa masuk.

Pemeriksaan berkas atau dokumen di bandara itu ketat. Ada tiga kali pemeriksaan dokumen. Di pintu masuk menuju check -in, saat check-in dan saat masuk ke ruang tunggu. Pesawat berangkat pukul 05.00 WIB. Tiba di Balikpapan, pukul 08.15 Wita.

Di bandara Balikpapan, pemeriksaan juga berlaku. Ketat. Sejak keluar dari pesawat menuju pintu kedatangan atau tempat transit, penumpang yang tiba disambut dengan pemeriksaan. Kali ini, pemeriksaan data eHAC Indonesia. Untuk mengetahui data penumpang. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Dari situ, bagi yang transit, diarahkan ke ruang tunggu. Sementara yang keluar bandara, diarahkan ke pintu keluar. Di pintu keluar gedung bandara, masih ada pemeriksaan. Pemeriksaan dokumen kesehatan hasil rapid test maupun hasil tes swab. Oleh DKK Balikpapan. Di situ, saya kembali mengantre.

Tak terlalu ribet saat itu. Karena KTP saya, Balikpapan. "Kalau KTP Balikpapan, hanya rapid saja. Nanti mulai Juli, semuanya harus tes swab. Baik KTP Balikpapan, Kaltim maupun dari luar Kaltim, harus tes swab," kata salah satu petugas Diskes Balikpapan. Setelah pemeriksaan itu, penumpang dipersilakan keluar bandara. (eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: