GNPF Balikpapan Tolak RUU HIP

GNPF Balikpapan Tolak RUU HIP

Abdul Rais. (Arif Fadilah/Disway)

Balikpapan, DiswayKaltim.com- Puluhan umat Islam Balikpapan berkumpul di Rumah Perjuangan milik pengacara kondang Abdul Rais. Mereka menginisiasi aksi unjuk rasa. Untuk menolak Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Balikpapan Abdul Rais menegaskan, RUU HIP wajib ditolak. Salah satu dari sekian banyak RUU HIP, dianggap melecehkan agama. Yakni adanya rencana mengkristalisasi Pancasila menjadi trisila. Semisal, Ketuhanan dengan cara berkebudayaan. Ini mengundang reaksi umat Islam.

"Kami ingin pembahasan RUU HIP ditiadakan. Bukan sekadar ditunda. Ini merusak landasan negara," ujar Rais.

GNPF dan Aliansi Muslim Bersatu Balikpapan mengajak masyarakat turun ke jalan. Menyuarakan penolakan RUU HIP. Rais menilai kegaduhan bisa terjadi jika RUU HIP disahkan.

"Mereka yang mempelopori RUU HIP ini bisa dikategorikan melawan hukum. Dengan adanya aksi unjuk rasa, setidaknya pemerintah pusat melihat ide itu merusak Pancasila," katanya.

Sebelumnya, RUU HIP adalah RUU yang diusulkan DPR RI dan disebut telah ditetapkan dalam Prolegnas RUU Prioritas Tahun 2020. Penolakan juga datang dari NU dan Muhammadiyah. (fdl/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: