Sektor Logistik di Kaltim Tumbuh Dobel Digit

Sektor Logistik di Kaltim Tumbuh Dobel Digit

JNE Balikpapan mampu mengirimkan barang 200 ton dalam satu bulan. Barang masuk dan keluar melalui jasa pengiriman JNE Balikpapan didominasi tujuan Jakarta. 

Memasuki fase kenormalan baru, perusahaan semakin yakin pertumbuhan bisa naik lagi. “Kami menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona, sekaligus menjamin rasa aman masyarakat.”

Catatab kenaikan sektor logistik juga terlihat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SMAS) Sepinggan. Berdasarkan data Angkasa Pura I Balikpapan aktvitas kargo mengalami kenaikan 1,7 persen pada periode 25 Mei hingga 9 Juni 2020.

 Pada periode tersebut pada 2019 sebanyak 1,355,970 kg dan tahun 2020 tercapai 1,379,315 kg. kenaikan tersebut didominasi oleh barang masuk, dan bandara APT Pranoto periode tersebut tak beroperasi.

“Kenaikan kargo itu karena saat pandemi bandara di Samarinda tak beroperasi sehingga kargo terpusat di Balikpapan. Sehingga kembali mengalami kenaikan. Tetapi kenaikan itu hanya berpindah atau sementara,” ucap General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara SAMS Balikpapan, Farid Indra Nugraha.

Ia menambahkan kenaikan bukan disebabkan pertumbuhan ekonomi daerah. Kondisi ekonomi masih sama pada tahun 2019 kemarin. Apalagi dalam kondisi COVID-19 pasar juga masih lesu. “Tetapi kami tetap optimistis pergerakan ekonomi daerah tetap bertumbuh,” imbuhnya. (fey/yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: