Kontingen Haji Asal Indonesia Terancam Tak Diberangkatkan Tahun Ini

Kontingen Haji Asal Indonesia Terancam Tak Diberangkatkan Tahun Ini

Pelaksanaan ibadah haji di Mekah, Arab Saudi. (Internet/semarak.com)

Jakarta, Diswaykaltim.com - Menurut Forum Silaturahim Asosiasi Travel Umrah dan Haji, kontingen haji asal Indonesia “kecil” kemungkinan berangkat tahun ini.

Muharom Ahmad, sekretaris Forum Silaturahim Asosiasi Travel Umrah dan Haji, mengatakan, kemungkinan jamaah haji Indonesia berangkat ke Tanah Suci kecil tahun ini.

Pasalnya, waktu persiapan dari Kementerian Agama untuk bisa menyelenggarakan haji terlalu singkat. Padahal hari ini sudah masuk 1 Syawal.

“Di akhir Syawal itu jadwal keberangkatan kloter pertama. Di mana kita harus mempersiapkan 100.000 lebih jamaah. Kalau memang hanya 50 persen dari total kuota (yang bisa berangkat), dalam waktu dua minggu,” kata Muharom, Minggu (31/5/2020).

Dalam maklumatnya, pemerintah Arab Saudi kembali menegaskan larangan sementara beribadah haji dan umrah di Mekah dan di Masjid Nabawi di Madinah, serta penerbangan internasional masuk ke wilayahnya.

Nasril Nazir, pemilik usaha travel haji dan umrah di Gondangdia, Jakarta, menegaskan hal serupa. Penyelenggaraan haji mustahil diadakan tahun ini.

“Dengan virus corona yang masih mewabah, ini tidak mungkin selesai dalam waktu satu atau dua bulan ini, sementara haji itu bulan Juli sudah mulai, tanggal 24 Juli itu wukuf,” katanya.

Sementara pemberangkatan sudah dipersiapkan dua bulan sebelumnya. Saat ini, Arab Saudi pu belum mempersiapkan pelaksanaan haji.

“Jadi ya saya perkirakan tidak berangkat tahun ini. Tidak ada haji tahun ini,” ujar pria yang sudah berkecimpung di usaha travel haji sejak 1978 tersebut.

Kementerian Agama mengaku masih menunggu perkembangan sampai 1 Juni mendatang.

Pemerintah tetap proaktif mencari tahu informasi terbaru dari pemerintah Arab Saudi. Soal kepastian ibadah haji tahun ini. Melalui kanal-kanal diplomatik. Baik di Jakarta maupun melalui Konsul Haji Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Jeddah.

Pekan lalu, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) sudah mengirimkan surat melalui Kemenlu RI untuk meminta informasi tentang kepastian haji.

“Tapi sampai sekarang kan memang belum ada pengumuman resminya,” kata Juru Bicara Kementerian Agama, Oman Fathurahman.

Menurut Oman, pemerintah Indonesia belum mengambil keputusan karena “pertimbangan yang relatif kompleks.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: