Ini Dia Sosok Baru di Borneo FC
Samarinda, Diswaykaltim.com - Borneo FC kehadiran sosok baru. Bukan pemain baru. Ataupun pelatih baru. Tapi ikon baru. Ikon baru ini bernama Apui. Diambil dari bahasa Dayak yang berarti api. Seperti namanya, Apui adalah sosok animasi berbentuk api. Berwarna jingga. Warna khas Borneo FC Samarinda. "Apui itu tokoh kartun. Banyak yang menyebut ikon klub jadinya. Tapi dia bukan maskot," kata Head of Media Officer Borneo FC Brilian Sanjaya, Kamis (28/5/2020). Apui, kembali ditegaskan Brili bukanlah maskot klub. Si Orca -maskot berbentuk pesut- masih tetap menjalani perannya sebagai maskot tim. Meski si Orca dan Apui sama-sama menjadi sosok yang mewakili Borneo FC. Tugas dan peran keduanya sangat berbeda. "Si Orca perannya sangat jelas. Yaitu turun langsung ke dunia nyata. Baik saat pertandingan atau kegiatan klub lainnya. Sementara Apui akan memainkan perannya di media sosial." "Ide membuat Apui ini dari Work From Home (WFH). Karena WFH (tim kreatif Borneo) sering nonton kartun. Lalu tim Jepang juga mempunyai tokoh kartun juga. Jadi kami buatlah Apui ini," jelasnya. "Proses kreatifnya dua hari saja. Setelah ada ide, kami rembukan karakternya seperti apa dan terakhir penamaan," lanjutnya lagi. Tujuan dibuatnya Apui sendiri adalah untuk kepentingan branding klub. Apui tersedia dalam bentuk gambar dan juga video (bisa berbicara). Di awal peluncurannya, Apui sempat jadi pembicaraan lantaran tutur bicaranya menggunakan aksen Banjar. Soal itu, Brili punya alasannya. "Aksen Banjar yang kami pakai ini karena memang bahasa keseharian masyarakat Samarinda pada umumnya. Sementara namanya dari bahasa Dayak. Ini menunjukkan kalau Samarinda ini masyarakatnya heterogen," tutupnya. Ke depan, Apui akan makin sering hadir di media sosial Pesut Etam. Brili berharap kelucuan Apui bisa menjadi hal segar bagi pendukung Borneo FC. (ava2)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: