Dari Fraksi Berlanjut Pilwali, Jika Terwujud Koalisi PKB-PDIP

Dari Fraksi Berlanjut Pilwali, Jika Terwujud Koalisi PKB-PDIP

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Keputusan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merapat ke PDIP untuk fraksi di DPRD Balikpapan, bisa jadi langkah awal menuju Pilwali serentak 2020 nanti.

Kendati belum ada keputusan resmi dari PDIP, namun permohonan PKB tersebut bisa memberikan satu tiket emas bagi partai binaan Megawati itu untuk mengusung calon sendiri pada perhelatan akbar pemilihan kepala daerah nanti.

Kepada DiswayKaltim.com, calon anggota legislatif (caleg) terpilih PKB Balikpapan, Taufik Qul Rahman juga tidak menutup kemungkinan itu. Komposisi PDIP dan PKB genap menjadi 9 kursi untuk bisa mengusung satu pasangan calon.

“Bisa saja," kata Taufik, yang juga ketua PAC DPC PKB Balikpapan Barat, Jumat (2/8/2019).

Ketua DPC PDIP Balikpapan Thohari Aziz, menyambut baik permohonan PKB. Namun, keputusan resminya tentang fraksi di DPRD Balikpapan ini akan dilakukan melalui rapat internal PDIP Balikpapan.

"Nanti itu (keputusan) di rapat DPC," katanya. Baca Juga: Ditolak Golkar, PKB Merapat ke PDIP untuk Fraksi di DPRD Balikpapan

Mengingat komunikasi politik antara kedua partai tersebut yang berjalan baik, sangat terbuka lebar bisa berlanjut pada koalisi Pilwali Balikpapan. Nah, jika itu yang terjadi, kata Thohari, PDIP bisa menyorong kadernya untuk maju sebagai bakal calon (Balon) Balikpapan 1.

Sosok yang akan diusung, lanjut Thohari, masih sama seperti dengan yang disampaikan beberapa waktu lalu, yaitu Ketua DPD PDIP Kaltim Irjen Pol (Purn) Safaruddin.

"Kalau calon, jelas Puang Safar (Safaruddin,Red.) lah. Kalau Thohari jadi pengawal saja," selorohnya.

Seperti diketahui, PDIP meraih 8 kursi untuk DPRD Balikpapan pada Pemilu 2019 lalu. Meningkat 2 kursi dibanding perolehan Pemilu 2014 lalu. Sementara PKB, hanya meraih 1 kursi pada Pemilu 2019. (sah/dah)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: