Sering Dijumpai di Dapur, Ini 7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Sering Dijumpai di Dapur, Ini 7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Bubuk dan kulit kayu manis.-istimewa-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kayu manis adalah rempah yang banyak ditemui di Indonesia dan biasa digunakan untuk bumbu masakan, campuran minuman dan bahan dalam pembuatan parfum.

Rempah yang memiliki rasa sedikit pedas ini, dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh serta memiliki aroma yang khas. Kayu manis terdiri dari dua jenis utama, yakni ceylon dan cassia.

Berikut manfaat dari rempah yang diambil dari kulit kayu manis seperti dikutip dari Health.

1. Menjaga kesehatan jantung

Rempah ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah, sehingga dengan mengonsumsi kayu manis dapat mendukung kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan rutin mengonsumsi kayu manis dapat menjaga fungsi jantung dan mencegah kerusakan akibat kolesterol tinggi.

BACA JUGA: Mentimun Bisa Redakan Gejala Asam Urat, Simak Manfaat Lainnya

BACA JUGA: Rutin Minum Kopi Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan Bila Dikonsumsi Sesuai Batas Aman

2. Mengontrol gula darah

Kandungan kayu manis dapat menirukan efek insulin, sehingga meningkatkan penyerapan gula ke dalam sel. Kayu manis juga dapat memperlambat pemecahan karbohidrat dalam makanan, mengurangi jumlah gula yang masuk ke saluran darah.

3. Mencegah kanker

Kayu manis membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker karena mengandung antioksidan dalam kayu manis. Kayu manis adalah rempah yang kaya akan antioksidan, dengan kadar mencapai 85,97 persen, terutama dalam bentuk polifenol. Penelitian menunjukkan kayu manis dapat menghambat perkembangan sel kanker dan pembentukan sel darah di tumor.

BACA JUGA: Buktikan Khasiat Konsumsi Jahe Campur Kunyit untuk Kesehatan

BACA JUGA: Makan Tengah Malam Ternyata Mengandung Risiko Penyakit

4. Sebagai antivirus

Kayu manis sering digunakan sebagai obat herbal untuk melawan virus, termasuk influenza. Beberapa penelitian juga mengeksplorasi potensi kayu manis sebagai penangkal virus HIV.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh

Selain berfungsi sebagai antivirus, kayu manis juga dapat meningkatkan metabolisme, membantu mencegah berbagai penyakit.

6. Mencegah bakteri dan jamur

BACA JUGA: Sehat Mana Gula Pasir dan Gula Batu? Kenali Pemanis Alternatif Pengganti Gula

BACA JUGA: Studi: 3 Cangkir Kopi Setiap Hari Tingkatkan Kesehatan Jantung

Penelitian mengungkapkan kayu manis dapat membunuh jamur di saluran pernapasan dan menghambat pertumbuhan bakteri, seperti listeria dan salmonela.

7. Mencegah alzheimer dan parkinson

Kayu manis dapat melindungi neuron dan meningkatkan fungsi motorik, membantu mencegah parkinson. Mengonsumsi kayu manis dapat meningkatkan kesehatan otak dengan mencegah penumpukan protein yang terkait dengan penyakit alzheimer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: