Jokowi Resmikan Istana Kepresidenan di IKN, Istana Garuda Tunggu Prabowo Dilantik

Jokowi Resmikan Istana Kepresidenan di IKN, Istana Garuda Tunggu Prabowo Dilantik

Istana kepresidenan yang sudah diresmikan oleh Jokowi.-istimewa/OIKN-

SEPAKU, NOMORSATUKALTIM - Kini pusat pemerintahan Indonesia telah resmi dipindahkan ke wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), yang dirancang sebagai kota hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan rilis yang diterima oleh media ini saat peresmian Istana Negara, pada Jumat (11/10/2024). 

Dalam acara peresmian, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan Sertifikat Hak Pakai secara simbolis kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. 

Sertifikat Hak Pakai No. 11 Nomor Induk Bidang Elektronik No. 1484 itu mencantumkan hak atas nama Pemerintah Republik Indonesia.

BACA JUGA:Jokowi Resmikan RS Hermina Nusantara di IKN, Sudah Bertaraf Internasional

BACA JUGA:Fasilitas Lengkap, RS Nusantara Terima Pasien Masyarakat Umum dan BPJS

Peresmian Istana Negara tersebut menjadi tonggak utama dalam pembangunan IKN

"Tidak hanya bersifat simbolis. Namun juga substansial sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia," kata Jokowi dalam keterangan resminya. 

Ia menyebut, infrastruktur di IKN telah dirancang dengan konsep keberlanjutan dan integrasi budaya. 

"Konsep tersebut agar daoat mencerminkan visi jangka panjang pembangunan Nusantara sebagai kota modern yang ramah lingkungan," ungkap Jokowi.

"Saat ini, Istana Negara telah selesai dan siap digunakan sebagai istana kepresidenan. Sementara Istana Garuda, yang masih dalam tahap akhir pembangunan, direncanakan selesai dalam waktu satu bulan. Nanti akan diresmikan oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto," sambungnya.

BACA JUGA:8 Kali Ground Breaking, Nilai Investasi di IKN Tembus Rp58,41 Triliun

Selain meresmikan Istana Negara, Presiden Joko Widodo juga menandatangani prasasti peresmian pembangunan sebagai tanda resmi berdirinya istana tersebut di IKN.

Sementara itu, Troy Pantouw, Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik, peresmian itu juga menegaskan komitmen pemerintah untuk membangun masa depan Indonesia melalui ibu kota baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: