Tekan Inflasi, Bupati Mahulu Ingin Potensi Pertanian Lokal Diperkuat

Tekan Inflasi, Bupati Mahulu Ingin Potensi Pertanian Lokal Diperkuat

Pemkab Mahulu saat kegiatan High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah.-Istimewa.-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM- Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Bonifasius Belawan Geh mengatakan salah satu cara untuk menekan inflasi yakni mengoptimalkan pengelolaan potensi pertanian lokal. 

Pernyataan ini disampaikan Bonifasius dalam kegiatan High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Hotel Aston Samarinda, Senin (23/9/2024).

Kegiatan ini mengusung tema “Evaluasi Kegiatan Pengendalian Inflasi dan Perencanaan Program Unggulan”, dengan tujuan untuk memperkuat koordinasi dalam menjaga stabilitas inflasi daerah.

BACA JUGA:Pemkab Mahulu Komitmen Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif dan Akuntabel

BACA JUGA:Bupati Mahulu Soroti Kualitas Pelayanan Publik di Semua OPD

Menurut Bonifasius, meskipun inflasi nasional telah stabil, namun masih dihadapkan pada tantangan global seperti ketidakpastian geopolitik dan perubahan iklim. 

“Untuk menjaga ketahanan pangan dan mengendalikan inflasi, TPID Mahulu memiliki peran penting dalam mengoptimalkan potensi lokal, terutama di sektor ekonomi dan pertanian,” paparnya.

Ia juga menekankan pentingnya peningkatan infrastruktur distribusi, akses pasar, dan penguatan UMKM untuk mendukung stabilitas inflasi. 

"Selain itu, TPID dan OPD terkait untuk melakukan operasi pasar, inspeksi harga kebutuhan pokok, merumuskan kerja sama antar daerah, serta memanfaatkan lahan pekarangan guna mendukung ketahanan pangan lokal," tuturnya.

BACA JUGA:KPU Mahulu Resmi Tetapkan Tiga Pasangan Calon Pilkada 2024

BACA JUGA:Bawaslu Mahulu Jadwalkan Jalan Sehat, Ada Ribuan Kupon Doorprize Menarik Bagi Peserta

Menurutnya, Pemkab harus mensinergikan program unggulan dalam pengelolaan sumber daya alam, ekonomi, dan pertanian sesuai regulasi. 

"Dengan komitmen dan sinergi yang kuat, stabilitas inflasi dapat terjaga, dan ekonomi masyarakat akan tumbuh lebih baik,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan ini Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Bayuadi Hardianto, dan Kepala Seksi PPA II A-Partnership and Advisory Team Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kaltim, Subandi, serta sejumlah pejabat dari lingkungan Pemkab Mahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: