Bupati Mahulu Tekankan Pentingnya Pemetaan Potensi SDA dalam Pembangunan

Bupati Mahulu Tekankan Pentingnya Pemetaan Potensi SDA dalam Pembangunan

Pemkab Mahulu saat melaksanakan Seminar dan membahas potensi SDA.-(Foto: Humas Setkab Mahulu/Nomorsatukaltim).-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Bonifasius Belawan Geh menekankan pentingnya pemetaan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dalam perencanaan pembangunan.

Ini disampaikan Bonifasius saat membuka Seminar Laporan Akhir Penyusunan Dokumen Inventarisasi Potensi SDA Kabupaten Mahulu Tahun 2024, di Crystal Ballroom Mercure Hotel Samarinda, Selasa (10/9/2024).

Bupati Mahulu mengatakan bahwa, semua langkah itu telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

BACA JUGA:Sedih, Mahulu Belum Punya Perpustakaan Umum Sendiri

BACA JUGA:Devung Paran Dipastikan jadi Ketua DPRD Mahulu Periode 2024-2029

Sehingga, menurutnya, tentu sangat penting untuk Pemkab Mahulu melaksanakan inventarisasi lingkungan hidup sebagai langkah awal yang mendasar.

“Inventarisasi SDA dan Lingkungan Hidup ini bertujuan untuk memetakan potensi alam kita, yang akan menjadi fondasi bagi perencanaan pembangunan yang berkelanjutan,” ucap Bonifasius.

Bupati menambahkan, pemetaan rupa bumi, yang menjadi bagian penting dari inventarisasi ini, tidak hanya menampilkan topografi wilayah, tetapi juga berbagai unsur alam dan buatan manusia.

“Sebagaimana yang kita ketahui hal ini sejalan dengan amanat Pasal 6 ayat (2), Pasal 7 ayat (2), dan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009, yang menegaskan pentingnya inventarisasi guna memperoleh data dan informasi mengenai sumber daya alam yang kita miliki,” tegasnya.

Ia berharap, melalui kajian inventarisasi ini, nantinya dapat menghasilkan data yang terarah, terukur, dan akuntabel.

Untuk mewujudkan harapan itu, sinergi dan kolaborasi semua pihak sangat dibutuhkan.

BACA JUGA:Pekerja Bangunan di Mahulu Ditemukan Tewas Gantung Diri

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Mahulu Jalin Kerjasama dengan Ombudsman RI

Proses yang panjang ini harus melibatkan diskusi, kerja sama, dan komitmen bersama untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: