Jokowi Serahkan 621 Hektare Hutan di IKN ke UGM, untuk Riset dan Pendidikan

Jokowi Serahkan 621 Hektare Hutan di IKN ke UGM, untuk Riset dan Pendidikan

Presiden Jokowi dalam prosesi pencanangan Hutan Wanagama Nusantara di IKN, pada Jumat (13/9/2024).-(Foto/Dok. UGM) -

Selain menjadi pusat riset dan pendidikan untuk mahasiswa dan akademisi, hutan ini juga akan terbuka bagi masyarakat umum, termasuk pelajar dari semua jenjang pendidikan. 

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Pengembangan Pemanfaatan Kehutanan dan Sumber Daya Air Otoritas IKN, Pungky Widia Rianto. 

“Selain untuk peneliti dan mahasiswa, hutan ini juga bisa menjadi tempat belajar masyarakat umum dan anak-anak di semua jenjang pendidikan,” jelas Pungky.

BACA JUGA: Akademisi Unmul Soroti Krisis Dokter Spesialis di Mahulu

BACA JUGA: Terulang Lagi, 2 Orang Tenggelam di Kolam Bekas Tambang di Kukar, Total Korban di Kaltim Capai 51 Nyawa

Dalam pengembangan tahap awal, hutan ini akan dikembangkan di lahan seluas 28 hektare dari total 621 hektare yang direncanakan. 

Nantinya, perluasan akan dilakukan berdasarkan beberapa zona, termasuk zona hutan tropis, hutan energi, hutan farmasi, dan hutan eco-tourism. 

Setiap zona akan difungsikan sesuai dengan karakteristiknya untuk mendukung berbagai aktivitas riset dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Hutan ini diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang seimbang secara ekologi dan ekonomi di kawasan IKN, yang akan menjadi pusat pemerintahan dan ekonomi baru Indonesia.

BACA JUGA: Serapan APBD PPU Baru 41 Persen, DPRD Bakal Panggil OPD

BACA JUGA: Cetak Biru Transisi Pemerintahan Jokowi ke Prabowo Sudah Siap

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi negara, termasuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Panglima TNI Agus Subiyanto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: