Warga Biasa Boleh Kunjungi Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa di IKN, Tapi Ada Syaratnya

Warga Biasa Boleh Kunjungi Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa di IKN, Tapi Ada Syaratnya

Sekarang masyarakat biasa boleh mengunjungi Taman Kusuma Bangsa setelah mengikuti sejumlah persyaratan. -chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) telah resmi membuka kunjungan umum ke Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa Nusantara mulai Senin, 16 September 2024.

Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara Otorita IKN, Troy Pantouw, mengatakan bahwa kunjungan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat, menyaksikan langsung proses pembangunan ibu kota masa depan Indonesia. Lokasi kunjungan terbuka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 Wita.

“Untuk melakukan kunjungan, masyarakat diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi IKNOW,” ujar Troy, Minggu (15/9/2024).

BACA JUGA:Presiden Jokowi Minta Maaf Saat Sidang Kabinet Paripurna Terakhir di IKN

BACA JUGA:Kementerian PUPR Dampingi Komisi V DPR RI dalam Kunjungan Kerja ke IKN

Adapun untuk titik kumpul awal pengunjung terletak di Rest Area IKN dan Simpang Trunen, yang juga berfungsi sebagai titik parkir.

Di lokasi ini, pengunjung harus menunjukkan bukti pendaftaran IKNOW kepada petugas Liaison Officers (LO).

Setelah pemeriksaan, pengunjung nantinya akan didampingi LO untuk menggunakan Electric Vehicle (EV) Bus menuju Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 10 menit.

“Di Plaza Seremoni, pengunjung nantinya dapat menikmati berbagai fasilitas seperti Mini Amphitheater, Forest Trail, Retail Gallery, dan Visitor Center,” Tutur Troy.

Sementara itu, Troy menjelaskan untuk di Taman Kusuma Bangsa, pengunjung dapat melihat beberapa landmark penting. Seperti Istana Negara dan Istana Garuda dari jarak jauh. Pengunjung juga dapat kembali ke titik kumpul menggunakan EV Bus yang melewati Halte Plaza Seremoni Barat setiap 15 menit.

BACA JUGA:Progres Pembangunan IKN Diklaim Signifikan, Otorita Optimis Rampung Paling Cepat Oktober 2024

Selama kunjungan, pengunjung diwajibkan mematuhi ketentuan yang berlaku. Seperti menggunakan transportasi umum yang disediakan pada titik kumpul, menjaga kebersihan, serta mengikuti arahan petugas di lapangan.

Merokok dan memasuki area yang bukan merupakan area kunjungan juga dilarang untuk menjaga kenyamanan dan keamanan bersama.

Otorita IKN berharap kunjungan masyarakat dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan, mempererat semangat kebersamaan, serta menumbuhkan kebanggaan terhadap pembangunan Nusantara sebagai kota dunia yang cerdas, hijau, dan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: