Pembawa Baki Sang Saka Merah Putih di IKN, Pelajar Putri asal Kaltim

Pembawa Baki Sang Saka Merah Putih di IKN, Pelajar Putri asal Kaltim

Pengumuman petugas paskibraka pembawa baki upacara HUT Ke-79 RI di IKN, Kalimantan Timur, Sabtu, 17 Agustus 2024. -(Antara/BPIP)-

IKN, NOMORSATUKALTIM – Livenia Evelyn Kurniawan, seorang pelajar putri asal Kalimantan Timur, terpilih sebagai pembawa baki Sang Saka Merah Putih dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi di halaman Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024). 

Livenia, yang merupakan siswi SMA Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda, dipilih dari 76 personel pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) 2024 yang bertugas pada upacara bersejarah ini.

Pengumuman mengenai terpilihnya Livenia sebagai pembawa bendera diumumkan pada Sabtu, pukul 07.00 Wita, seperti yang disampaikan oleh Humas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Marbawi. 

"Pengumuman mengenai Livenia Evelyn Kurniawan sebagai pembawa bendera diumumkan pagi ini pukul 07.00 WITA," ujarnya dikutip Beritasatu.com, anggota jaringan Disway dan B-Universe.

BACA JUGA: DPRD Sebut PDRB Paser Ketergantungan Sektor Tambang dan Galian

BACA JUGA: Kecam Pelarangan Penggunan Jilbab di Tim Paskibraka Putri, Kesbangpol Pastikan Tidak Terjadi di Samarinda 

Selain Livenia, BPIP juga telah menunjuk Lutfiyah Naurasyifa Utoyo, siswi asal Sulawesi Tenggara, sebagai cadangan pembawa baki

Lutfiyah merupakan siswa SMAN 1 Kendari yang juga telah melalui proses seleksi ketat sebelum akhirnya dipercaya sebagai bagian dari tim paskibraka.

Sebanyak 76 pelajar dari 38 provinsi di Indonesia akan bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di IKN, dalam upacara yang digelar untuk pertama kalinya di halaman Istana Negara IKN

Upacara ini juga menjadi momen bersejarah karena merupakan kali pertama peringatan detik-detik proklamasi dilaksanakan di ibu kota baru negara.

BACA JUGA: Balikpapan Kota Penghubung IKN Dikepung Banjir, Proyek DAS Ampal Belum Maksimal 

BACA JUGA: Tak Cukup "Maaf", BPIP Harus Dievaluasi Total!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini. 

Turut hadir dalam upacara tersebut adalah Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto, yang bersama dengan para pejabat negara lainnya menyaksikan pengibaran bendera yang penuh makna ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: