Groundbreaking Istana Wapres di IKN Digelar Senin Pekan Depan

Groundbreaking Istana Wapres di IKN Digelar Senin Pekan Depan

Groundbreaking Istana Wakil Presiden RI di IKN akan dilaksanakan pada Senin, 12 Agustus 2024.-(Foto/Istimewa)-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan bahwa peletakan batu pertama atau groundbreaking Istana Wakil Presiden (Wapres) akan digelar Senin, 12 Agustus 2024.

Groundbreaking Istana Wapres masuk dalam rangkaian peletakan batu pertama investor tahap ketujuh di pusat pemerintahan baru Indonesia.  

Istana Wakil Presiden RI akan dibangun di Sumbu Timur, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN

Pemilihan lokasi ini bertujuan untuk memastikan pemisahan yang jelas antara Istana Presiden dan Istana Wakil Presiden, dengan alasan keamanan yang telah dikonsultasikan dengan Kementerian Pertahanan. 

BACA JUGA: Hadiah FIFA Senilai Rp 85,6 Miliar di IKN Sudah Hampir Rampung

BACA JUGA: KemenpanRB: ASN yang Lajang akan Pindah ke IKN Tahap Awal

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, mengungkapkan bahwa pemisahan ini penting untuk menjaga keamanan dan efisiensi tata kelola pemerintahan.

Kolaborasi dengan Investor

Selain groundbreaking Istana Wapres, acara pada 12 Agustus juga akan mencakup groundbreaking untuk investor tahap ketujuh di IKN, yang akan diikuti oleh empat investor swasta dalam negeri. 

Investor tersebut adalah BCA, Swiss-Belhotel, Royal Golden Eagle, dan Intiland

Keikutsertaan mereka, kata Endra, menunjukkan kepercayaan investor swasta terhadap proyek besar ini dan diharapkan dapat mempercepat pembangunan di IKN.

BACA JUGA: Hotel di Sekitar IKN 'Full Booked', Tarif Naik 60 Persen Lebih

BACA JUGA: NU Protes PP Kesehatan Terbaru, soal Penyediaan Alat Kontrasepsi untuk Remaja

Endra S Atmawidjaja juga menyebutkan bahwa groundbreaking ini rencananya akan dilakukan setelah Sidang Kabinet Paripurna di IKN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: